EDUKASI NUTRISI MAKANAN ANAK MELALUI POSYANDU

SLEMAN. Setiap hari Kamis pekan tiga setiap bulannya, Rini selalu membawa putri tunggalnya Diana (5th) ke Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) untuk melakukan penimbangan berat badan dan memantau kesehatan putrinya. Meski tergolong mampu untuk membawa anaknya ke dokter anak, namun perempuan yang tinggal di Dusun Rejosari, Jogotirto, Berbah, Sleman ini lebih memilih Posyandu.

“Dari pekan lalu sudah diingatkan oleh bu kader kalau hari ini ada timbangan dan spesialnya dapat masakan sehat dari hasil masakan kebun gizi,” ujar wanita yang menjadi ibu rumah tangga ini tersenyum.

Selain itu, Rini mengaku pelayanan yang diberikan oleh kader posyandu yang sedang bertugas sangat baik. “Kader posyandu disini pada baik. Selain itu, mereka juga memiliki pengetahuan yang luas, sehingga saya juga mendapatkan ilmu baru karena mereka menjelaskan apa saja kebutuhan nutrisi untuk putrinya.” ungkapnya.

Menurut Ketua Kader, Yuliana, sebelum posyandu mereka memiliki kebun gizi,  kegiatan yang dijalankan biasanya hanya kegiatan rutin bulanan, seperti mempersiapkan penimbangan berat badan dan makanan tambahan yang biasanya memesan di rumah makan.

“Sekarang kader posyandu tiap ada jadwal timbangan heboh lho mbak, bagaimana tidak? dari jam lima pagi kami sudah di kebun gizi memetik sayuran gambas, bayam, kacang panjang, loncang, sledri dan memasak bersama untuk PMT!,” ujar Yuliana antusias.

Kini, kader posyandu semakin menyadari betapa pentingnya menularkan kebiasaan hidup sehat kepada masyarakat tempatnya tinggal, salah satunya memperhatikan asupan dan pola makan yang sehat.

“Upaya yang kita lakukan bersama ini bertujuan untuk menjadikan anak-anak Rejosari yang cerdas dan sehat,” tambah Yuliana.

Newsroom/Rico

Sleman

Tags :
Konfirmasi Donasi