EKSPEDISI BHAKTI RELAWAN NUSANTARA DI DESA SUKAMULYA

RelawanCIANJUR. Pada hari Jumat (18/4) lalu, relawan RZ Bandung, Cimahi dan Cirebon yang berjumlah 14 orang  melaksanakan Ekspedisi Bhakti Relawan Nusantara IV. Tim yang dikomandoi oleh Pardiman ini bertolak dari basecamp relawan Bandung pukul 17.00 (17/4) dengan menggunakan minibus menuju Desa Sukamulya, Cikadu, Cianjur.

Perjalanan menuju lokasi memakan waktu 8 jam. Kondisi jalanan yang rusak sejak memasuki kawasan Ciwidey hingga menelusuri perkebunan teh membuat adrenalin para relawan semakin diuji. Merasakan terombang-ambing di daratan cukup membuat beberapa pasang mata kembali terbuka. Jembatan kayu yang tidak ada pembatasnya membuat jantung berdegup kencang.

Para relawan RZ mengisi hari pertama dengan pemetaan wilayah. Setelah sarapan para relawan langsung membagi tim menjadi dua bagian, karena pedusunan yang akan diobservasi ada dua, yaitu dusun Jamuju dan dusun Cibarengkok. Jarak dua pedusanan ini pun satu jam perjalanan dengan berjalan kaki.

Dua tim ini masing-masing didampingi oleh tokoh masyarakat setempat. Hal ini bertujuan untuk memudahkan interaksi dengan warga dan mendapatkan informasi  yang detail. ” Hari pertama kami melakukan perjalanan keliling kampung, kami melihat kondisi sarana dan prasarana masjid yang memprihatinkan, kondisi sarana sekolah dasar, buku-buku pelajaran, papan tulis serta jumlah ruangan yang masih terbatas dan tenaga pengajar pun hanya berjumlah empat orang membuat kami merasa terharu,” ungkap Pardiman.

Selain melihat kondisi sarana dan prasarana desa, tim relawan RZ pun melihat hasil tani dan perkebunan di dua dusun yang cukup baik, namun pendistribusian ke pasar yang mengalami kendala berupa akses jalan. Sehingga berakibat dihargai rendah karena mengalami kerusakan selama perjalanan. Inilah beberapa kendala yang dialami oleh warga di Cikadu, Cianjur menurut hasil observasi.***

Newsroom/Pardiman
Cianjur

Tags :
Konfirmasi Donasi