EKSPEDISI PENYALURAN KORNET SUPERQURBAN DI SUMEDANG SELATAN

EKSPEDISI PENYALURAN KORNET SUPERQURBAN DI SUMEDANG SELATANSUMEDANG SELATAN, Relawan RZ Bandung mengadakan “Ekspedisi Penyaluran Kornet Superqurban” ke Kampung Cisoka, Desa Citengah, Sumedang Selatan dan Kampung Cibubut, Desa Cibiru, pada hari Sabtu-Minggu, 18-19 Februari 2017.

Dalam ekspedisi yang dilakukan tersebut 4 orang Relawan, beserta kendaraan roda empat membawa sebanyak 400 pcs kornet Superqurban, 10 pcs Mukena, 10 pcs Sarung,  10 Al-Quran dan Iqra serta 30 pcs snack siap untuk didistribusikan kepada warga Cisoka dan Cibubut.

Dengan medan yang cukup menantang saat malam hari, kendaraan  yang dinaiki  Relawan harus melewati medan penuh semak belukar, terjal juga menanjak.  Hujan yang sempat turun tak ikut menyurutkan semangat para Relawan untuk segera sampai ke tempat tujuan.  Perjalanan dimulai pada Sabtu, (18/02) dini hari dan tiba di Kampung Cisoka pada malam harinya.

Kampung  yang ada sejak tahun 1985 memiliki Sekitar 23 kepala keluarga dan  kebun teh yang berada di sekitar Kampung telah dikelola warga dan menjadi Hak guna usaha.

Masayarakat Kampung Cisoka dan Cibubut rata-rata berprofesi sebagai pemetik teh, Warga biasa memetik teh setiap hari Senin hingga Kamis, selebihnya warga menggunakan hari Jumat sampai Minggu untuk beristirahat.

Setiap 1 Kg teh yang dipetik warga dihargai sekitar Rp. 1.450. Jika pucuk teh yang tumbuh sedang baik,  setiap harinya warga bisa mendapat 1 kwintal, atau kurang lebih Rp. 50.000.

Kampung Cisoka belum dialiri listrik dari PLN, karenanya bebarapa warga Cisoka memakai solar cell untuk kebutuhan listrik sehari-hari. Sedangkan untuk penerangan warga berinisiatif menggunakan pembangkit listrik hydro/tenaga Air, itupun jika musim kering dan debit air jadi kecil, pembangkit hanya mampu menyalakan 1 buah lampu saja.

Setelah melakukan penyaluran bantuan di Kampung Cisoka,  Relawan kemudian melanjutkan perjalanan  ke Kampung Cibubut. Sesampainya di Kampung Cibubut, Team menyerahkan Kornet Superqurban kepada Ketua RT 02/05 Dusun Cibiru untuk didistribusikan ke 80 Kepala Keluarga yang ada di dusun Cibiru.

“Warga sangat bahagia ketika kami mendatangi rumah mereka satu per satu dan membagikan bantuan. Ucapan terima kasih terus mengalir, bahkan ada beberapa yang meneteskan air mata,” ungkap Nur Latifah, Koordinator Relawan RZ Bandung.

Newsroom/Dea Sukmara

Sumedang Selatan

Tags :
Konfirmasi Donasi