EKSPEDISI SUPERQURBAN HINGGA KE PELOSOK DESA SEPOK LAUT, KABUPATEN KUBURAYA, KALIMANTAN BARAT

PONTIANAK. Rumah Zakat kembali melaksanakan Ekpedisi superqurban ke daerah terpencil dan terluar yaitu Desa Sepok Laut pada 14 – 15 Juni 2018. Tim Relawan yang berjumlah 15 orang harus mengarungi laut dan sungai untuk menuju Desa Sepok Laut Kecamatan Sungai Kakap, Kab. Kuburaya Kalimantan Barat karena daerah ini hanya bisa dilalui oleh jalur air, tak hanya itu di daerah ini listrik dan sinyal telepon selular hanya ada pada malam hari saja.

“Menggunakan 4 Speedboat kami harus berjuang menuju wilayah sepok laut ini,” ujar Alamsyah, Relawan Rumah Zakat.

Dalam Ekpedisi ini Rumah Zakat menggelar berbagai macam kegiatan seperti pemeriksaan kesehatan gratis, pelayanan khitanan gratis untuk anak – anak, pendistribusian Superqurban dan sembako ke rumah – rumah warga.

Serangkaian kegiatan Ekpedisi Superqurban ini sangat memberikan manfaat bagi warga, misalnya dengan Pemeriksaan kesehatan gratis warga bisa mendapatkan pelayanan kesehatan dengan mudah karena di desa tersebut hanya terdapat 1 puskesmas pembantu. Selain itu bagi orangtua yang anaknya mendapatkan khitan gratis mereka merasa
terbantu karena biaya untuk berkhitan cukup mahal sementara itu penghasilan mereka sebagai nelayan ikan hanya cukup untuk kebutuhan sehari – hari.

Alamsyah menambahkan bahwa kambing dan sapi menjadi bahan makanan yang jarang dimakan, disana tanah berlumpur digenangi air sungai. Masyarakat sangat senang disaat merasakan dan mendapatkan daging superqurban salah satunya Bu Samsiah (45 th) warga sepok laut.

“Suami saye meninggal, saat cari ikan dilaut, kate orang kapal kena gelombang tinggi tenggelam tengah laot, jadi saya hidup sendiri. Kerje saye mengupas ikan jadi ikan asin, Makaseh banyak lah bantuannya nak, dapatlah untuk makan sehari hari dan merasakan daging ini” ujarnya.

Ucapan terimakasih juga disampaikan Pak Yanto, Kepala Desa Sepok Laut dimana Rumah Zakat bisa hadir dan membantu warganya.

“Semoga ini menjadi awal dan berkelanjutan, kami sangat bangga, sangat senang. Bagi kami desa ini memang jauh jangkauan. Tapi masih mau hadir di sini berbagi kebahagiaan,” ujar kepala Pak Yanto

Tim Relawan pun berharap semoga dengan Ekpedisi Superqurban ini menjadi amal kebaikan untuk donatur Rumah Zakat dan bisa menjadi energi berkelanjutan bagi banyak warga lainnya.

Newsroom
Asrul / Lailatul Istikhomah

Tags :
Konfirmasi Donasi