EKSPEDISI SUPERQURBAN KE DAERAH KEKERINGAN DI GUNUNGKIDUL

YOGYAKARTA. Kamis (03/05) Kurang lebih 20 Tim Relawan Rumah Zakat menggelar Ekpedisi Superqurban ke Dusun Gebang, Desa Girisuko, Kecamatan Panggang, Gunungkidul DIY. Ini menjadi salah satu program penyaluran Superqurban ke wilayah-wilayah binaan Rumah Zakat yang sudah mulai mengalami kekeringan seperti halnya di Kabupaten Gunungkidul. Sejumlah 600 Superqurban disalurkan di wilayah Dempul yang merupakan bagian dari Desa Girisuko,terletak terpisah dari perkampungan lainnya, jalan menuju lokasi belum ada penerangan umum sehingga cukup gelap untuk perjalanan malam hari.

Sejumlah lebih dari 250 KK di wilayah Gebang dan sekitarnya mendapatkan Superqurban dari Rumah Zakat. Bapak Sugiyanto (67) salah satu tokoh masyarakat menuturkan bahwa tingkat konsumsi daging di Desa Gebang masih rendah, jika pun ada hanya di momentum Idul Adha setahun sekali, sehingga dengan adanya penyaluran Superqurban ini sangat membantu masyarakat dalam peningkatan gizi sekaligus sebagai cadangan lauk-pauk warga.

Mayoritas warga bekerja sebagai petani ladang yang sangat bergantung dengan pengairan dari sumber air hujan. Serta mayoritas yang tinggal dirumah adalah warga lansia, anak-cucu dan keluarga yang usia produktif banyak yang merantau ke kota untuk bekerja.

Mbah Tumilah (85) salah satu penerima manfaat menyampaikan kebahagiaanya menerima Superqurban.

“Orang tua seperti saya yang sudah tidak punya gigi kesulitan makan daging, ini dagingnya sudah empuk jadi saya bisa ikut makan” ujarnya dalam bahasa Jawa dengan senang ketika Tim Relawan menjelaskan tentang isi kaleng Superqurban.

Newsroom
Warnitis / Lailatul Istikhomah

Tags :
Konfirmasi Donasi