EMPAT TIPS MENYEMBUHKAN SEORANG PECANDU

pecandu-narkoba-ilustrasi-_110520212327-926Berurusan dengan teman atau anggota keluarga yang sedang kecanduan, baik itu kecanduan rokok, minuman keras, atau kecanduan narkoba bisa menjadi sangat menyulitkan. Namun dukungan dari Anda bisa menjadi cara ampuh melepaskan mereka dari kecanduan.

Dilansir dari Symptomfind, Selasa (17/12), setidaknya ada empat langkah yang bisa anda lakukan untuk mengubah gaya hidup mereka.

1. Pahami makna dari kecanduan
Banyak orang percaya bahwa kecanduan berasal dari kurangnya kemauan. Namun sebenarnya kecanduan adalah gangguan otak kronis yang menganggu kemampuan seseorang untuk mengontrol kebutuhan dan keinginan mereka.

Dokter telah mengatakan penyalahgunaan zat dapat menyebabkan perubahan serius pada zat otak yang memengaruhi belajar, memori, kontrol perilaku dan pengambilan keputusan. Inilah yang menyebabkan tindakan kompulsif dan destruktif yang terkait dengan kecanduan.

Penelitian menunjukkan bahwa faktor genetik dapat memainkan peran dalam kecanduan.

2. Hadapi pecandu dengan cinta
Langkah yang paling sulit adalah menghadapi pecandu yang tengah asik dengan candu mereka. Namun, langkah ini benar-benar penting untuk memulihkan mereka.
Pertama yang terpenting adalah pilihlah waktu yang tepat untuk berbicara dengan mereka. Mereka yang kecanduan minuman keras harus diajak bicara ketika mereka mabuk. Ketika menghadapi pecandu, tekankan dukungan Anda untuk mereka. Sebab, ketika mereka mabuk dan Anda menghindari mereka, maka itu justru membuat mereka merasa dihakimi dan bersalah.

Tetap positif namun tegas, biarkan mereka tahu anda selalu ada di samping mereka, meskipun mereka sedang kecanduan. Biarkan mereka tahu bahwa anda mendukung mereka untuk pulih. Sebaiknya hindari melibatkan terapis atau konselor, sebab ini justru sering dianggap pecandu sebagai intervensi.

Untuk beberapa individu mungkin diperlukan beberapa konfrontasi sebelum mereka setuju untuk mengobati kecanduan akut mereka.

3. Bicara pada dokter
Jika anda belum melakukannya, maka ini adalah saat yang tepat untuk berkonsultasi dengan dokter. Pecandu, di beberapa titik, harus berbicara dengan dokter tentang seberapa dalam kecanduan mereka, serta seberapa bersemangat mereka berharap untuk pulih.

Seorang dokter bisa memberikan informasi beharga tentang efek fisik ketika mereka menarik dari kecanduan mereka. Sebagai contoh, pecandu yang terbiasa merokok kemudian memutuskan berhenti merokok pastinya diawal merasa kebingungan, mual, mentah, dan bimbang.

Dengan informasi dari dokter, pecandu lebih siap untuk menghadapi efek tersebut.

4. Memanfaatkan bantuan profesional
Ada beberapa sumber daya bagi pecandu yang bisa membantu pemulihan mereka. Di antaranya bantuan profesional, yaitu seorang profesional kesehatan, terapis atau konselor untuk memberikan si pecandu dukungan lebih.

Kedua, bergabung dengan kelompok pendukung yang dapat menjadi motivator besar untuk pecandu menjalani pemulihan.

Ketiga, masuk pusat rehabilitasi. Pecandu mungkin memerlukan pengawasan yang konstan. Pusat rehabilitasi mungkin menyediakan alat yang berguna untuk membantu mereka.

 

Sumber : republika.co.id

 

Tags :
Konfirmasi Donasi