FASILITATOR RUMAH ZAKAT ADAKAN PELATIHAN PEWARNAAN KAIN DENGAN TEKNIK ECHOPRINT

YOGYAKARTA. Keanekaragaman hayati di Indonesia sungguh melimpah. Ada daun, akar dan batang tumbuhan yang berkhasiat sebagai obat. Ada pula yang berkhasiat sebagai zat pewarna alam yang aman dan ramah terhadap lingkungan.

Salah satu pemanfaatan pewarna alami adalah teknik Ecoprint. Teknik Ecoprint merupakan teknik pewarnaan dengan menggunakan zat warna alami yang berasal dari daun, batang, akar dan buah buahan. Dengan trend go green yang satu ini Rumah Zakat melalui Indra Suryanto, Fasilitator Desa Berdaya Rumah Zakat di Desa Karangkajen bersama Ibu Meta Nuci, trainer pelatihan Ecoprint mengadakan pelatihan Ecoprint di bengkel kerja Ecoprint Seyegan, Yogyakarta.

6 orang ibu-ibu, dari kelompok Ibu Hebat, Kel. Brontokusuman melakukan pelatihan Ecoprint pada hari Kamis, (28/09). Bahan pewarna yang digunakan untuk pelatihan ini terdiri dari aneka macam daun-daunan diantaranya, daun Jati, jambu, cemara, jarak dan beberapa daun yang lain ditempelkan pada kain sebagai medianya. Setelah dikukus selama 2 jam, zat warna dari daun daunan tersebut mulai mengeluarkan zat warnanya. Selanjutnya kain dibiarkan dingin dan di angin anginkan. Akhirnya didapatlah motif berbeda.

“Semua bersemangat, dan satu hal lagi yang membuat ibu-ibu bersemangat adalah tanggal 12-16 Oktober mereka akan berkesempatan memamerkan hasil karyanya pada pameran di JEC,” Ungkap Indra.

Newsroom/Kuna
Yogyakarta

 

Tags :
Konfirmasi Donasi