FASILITATOR RUMAH ZAKAT GELAR PELATIHAN USAHA MANDIRI UNTUK DIFABEL

WONOGIRI. Rumah Zakat melalui Fasililitator Desa Berdaya menyelenggarakan pelatihan usaha mandiri untuk para difabel di Pracimantoro, Wonogiri pada (14/12). 35 orang difabel daksa dewasa yang berasal dari komunitas difabel se-kabupaten Wonogiri mengikuti kegiatan pelatihan ini.

Suhardi Wiyanto seorang penggiat aktivis difabel dari kota Klaten dihadirkan sebagai pemateri di pelatihan ini. Ia pun mengajarkan para peserta untuk membuat sabun cair yang nantinya bisa dijual dipasaran dan menjadi sumber penghasilan bagi para difabel ini.

Menurut Achmad Javan Pahlevi, Fasilitator Rumah Zakat Secara kondisi para difabel ini kurang produktif karena memang secara fisik tidak mendukung dan kurang kreatif sehingga pelatihan keterampilan seperti ini perlu dilakukan.

“pelatihan untuk difabel ini sangat penting, apalagi selama ini pemerintah kurang peduli dengan difabel, seolah-olah mereka masyarakat yang termaginalkan sehingga dipandang sebelah mata, padahal mereka juga berbakat dan mempunyai potensi yang tidak kalah dengan manusia normal” ujar Suhardi.

Ia juga berharap pelatihan ini mampu meningkatkan minat usaha mandiri bagi difabel dan meningkatkan perekonomian difabel melalui kreasi usaha yang memiliki potensi besar di pasar.

Newsroom/ Lailatul Istikhomah
Wonogiri

Tags :
Konfirmasi Donasi