FLU? PERBANYAK ASUPAN PROTEIN

Flu adalah salah satu penyakit yang mengganggu aktivitas sehari-hari. Tenggorokan sakit, sakit kepala, hidung tersumbat, dan suhu tubuh meningkat imembuat flu harus disembuhkan secepatnya.

Sebagian orang umumnya menyembuhkan penyakit flu dengan minum obat yang dibelinya di warung. Namun, seringkali hal itu tidak membuat banyak perubahan. Justru, flu terkadang malah semakin parah apabila tidak ditangani secara tepat.

Menurut Dr dr Inge Permadhi, MS, SpGK, dokter spesialis gizi klinik dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, flu dapat diatasi apabila kita mengkonsumsi makanan yang mengandung protein. Sebab panganan sel-sel imunitas tubuh adalah protein. Sehingga protein cukup baik untuk orang yang sedang flu dalam memperbaiki sistem pertahanan tubuhnya.

“Dahulu ada yang bilang kalau sakit makan yang banyak. Saya bilang, kalau flu makan protein,” ujar Dokter Inge saat acara Jakarta Health Week berlangsung, kemarin (19/5). Namun, hal yang perlu diperhatikan ialah jangan mengkonsumsi protein secara berlebihan. Menurutnya protein harus dalam kadar yang secukupnya. Ia juga menyarankan agar tetap mengonsumsi lemak dan makanan yang mengandung zat lain agar gizi kita seimbang.

Selain konsumsi protein, tak kalah penting menjaga kesehatan dengan cara berolahraga. Olahraga yang tepat menurutnya adalah dengan berjalan kaki. Selain itu, dapat menjaga asupan suplemen agar terus fit. Sebaiknya, suplemen dikonsumsi saat malam hari sebab saat malam hari, sebelum kita terlelap, itulah waktu terbaik ketika tubuh memperbaiki sel-selnya yang rusak. Kualitas tidur juga sangat penting diperhartikan, pastikan lampu kamar tidur anda dalam keadaan mati agar tidur lebih nyenyak sehingga badan mengeluarkan hormon yang dibutuhkan oleh tubuh.

Sumber: republika.co.id

Tags :
Konfirmasi Donasi