GEJALA ANEH YANG BISA JADI PERTANDA PENYAKIT BERBAHAYA

Gejala fisik tertentu biasanya tidak mengkhawatirkan dan sepele, tapi terkadang bisa membuat orang yang mengalaminya berakhir ke rumah sakit atau ruang dokter. Gejala penyakit yang menyaru gangguan sepele ini sebaiknya segera diperiksakan ke dokter untuk mendapat penanganan sejak dini.

“Mengenali gejala-gejala aneh tersebut akan membuat orang lebih waspada dan berhati-hati mengenali gejala penyakit berbahaya yang terlihat sepele,” kata dr Nancy Snyderman, dokter bedah kepala dan leher sekaligus ketua editor medis MSNBC News seperti dilansir MSNBC, Senin (9/4/2012).

Berikut adalah 5 gejala sepele yang ternyata merupakan pertanda penyakit berbahaya;

1. Tuli pada salah satu telinga
Pendengaran unilateral adalah kehilangan pendengaran hanya pada salah satu telinga. Gejala ini bisa menjadi gejala awal tumor otak jinak yang menyerang saraf kranial. Jenis tumor yang dimiliki disebut neuroma akustik dan biasanya tidak dikategorikan sebagai kanker tetapi dapat tumbuh dan menekan otak. Jika tumor tumbuh begitu besar dan mulai menekan batang otak, bisa membahayakan keselamatan.

2. Kuku berbintik-bintik
Kuku yang tampak tak sehat bukan hanya berarti perlu manikur, tatapi juga merupakan gejala penyakit yang sering diabaikan. Kuku yang terlihat seperti telah berulang kali ditusuk jarum atau berintik-bintik bisa menjadi tanda pertama psoriasis. Psoriasis adalah penyakit autoimun yang muncul pada kulit dan terjadi ketika sistem kekebalan keliru menganggap sel kulit sebagai sel berbahaya dan mengirim sinyal yang mempercepat siklus pertumbuhan sel kulit. Psoriasis tidak menular namun berkaitan dengan peningkatan risiko stroke.

3. Bintik-bintik pada retina
Retina berbintik-bintik adalah adanya bintik hitam yang jelas terlihat di bagian belakang mata. Bintik-bintik ini biasanya tidak berbahaya. Namun dalam beberapa kasus, bintik ini bisa menjadi tanda kanker usus besar.

4. Perdarahan gusi
Terlalu keras menyikat gigi dapat menyebabkan gusi berdarah. Tetapi dalam kasus yang jarang, perdarahan gusi bisa menjadi gejala awal leukemia atau kanker darah di mana sel darah putih berkembang biak tak terkendali. Jika terjadi pada anak-anak, gusi berdarah harus ditangani dengan serius sebab peradangan pada gusi biasanya hanya terjadi saat dewasa.

5. Mulut kering
Mulut kering yang terjadi secara terus-menerus bukan hanya berarti haus. Mulut kering ditambah dengan mata kering adalah kombinasi dari gejala sindrom Sjogren, penyakit autoimun dimana sistem kekebalan tubuh keliru menyerang kelenjar lendir yang mengeluarkan cairan untuk menjaga kelembaban mata dan mulut.

 

Sumber. www.detikHealth.com

Tags :
Konfirmasi Donasi