GEJALA NYERI SENDI DAN PENGOBATANNYA

Nyeri-sendiBanyak orang yang menganggap nyeri sendi sebagai penyakit biasa. Padahal, nyeri sendi yang dibiarkan terus-menerus bisa menimbulkan penyakit yang lebih serius seperti; anemia, osteoporosis, kelumpuhan hingga jantung. Ada baiknya Anda mengetahui gejala nyeri sendi di bawah ini agar lebih waspada.

Sebenarnya, nyeri sendi atau arthritis adalah penyakit yang menggangu sistem kekebalan tubuh (autoimun). Penyakit ini ditandai dengan peradangan dan pembengkakan di beberapa bagian tubuh, bisa di sendi tangan atau kaki.

Gejala nyeri sendi yang timbul ternyata bermacam-macam. Penyakit ini bisa timbul karena rematik atau asam urat. Namun, jangan terlalu dini menyimpulkan bahwa dua penyakit itulah yang menjadi penyebab utama terjadinya nyeri sendi. Karena bisa saja nyeri sendi yang Anda alami diakibatkan oleh penyakit lain. Berikut kami paparkan beberapa gejala yang kerap menimbulkan nyeri pada sendi:

Nyeri Sendi Kaki

Asam urat dan rematik kerap dituduh sebagai penyebab nyeri pada sendi kaki. Namun, yang perlu Anda ketahui bahwa 90 % asam urat hanya menyerang sendi pangkal ibu jari kaki saja. Selain daerah itu, nyeri yang Anda alami bisa disebabkan penyakit yang lain. Apa sajakah itu?

  1. Plantar Fascilitis

Penyakit yang disebabkan oleh peradangan otot ini mengakibatkan nyeri pada telapak kaki. Rasa sakit biasanya muncul ketika bangun di pagi hari. Namun ketika kaki digerakkan atau berjalan beberapa waktu, rasa nyeri berangsur berkurang.

  1.  Achilles Tendonitis

Sama seperti Plantar Fascilitis, Achilles Tendonitis diakibatkan peradangan otot kaki. Bedanya, penyakit ini menyerang ujung belakang tumit. Dan hal penting yang perlu Anda ketahui bahwa kedua penyakit ini bukanlah rematik.

Nyeri Sendi Tangan

Lagi, kita sering terburu-buru menyimpulkan rematik sebagai penyebab nyeri pada sendi tangan. Padahal, rematik hampir tidak pernah menimbulkan nyeri hanya pada satu sendi saja. Rematik lebih sering mengenai kedua tangan secara bersamaan atau menyerang lebih dari tiga sendi sekaligus. Jika bukan karena rematik, lalu karena penyakit apa?

  1. Trigger Finger

Terjadi akibat terjepitnya otot jari-jari di telapak tangan. Gejala khas akibat Trigger Finger adalah nyeri pada pangal jari tangan, terlebih jika jari-jari digunakan untuk menggenggam sesuatu. Jari seperti tengah “tersangkut” saat dilipat dan saat diluruskan pun terasa nyeri.

  1. De Quervain

Penyakit ini timbul akbat terjepitnya otot ibu jari tangan. Rasa nyeri terjadi di pergelangan tangan sebelah atas pangkal ibu jari. Nyeri muncul saat tangan digunakan untuk menggenggam atau mengangkat sesuatu.

  1. Carpal Tunnel Syndrome (CTS)

Penyebab lain nyeri pada tangan adalah CTS. CTS terjadi karena terjepitnya saraf medianus di pergelangan tangan. Gejala yang muncul seperti timbulnya rasa tebal dan kesemutan pada ibu jari, jari tengah, telunjuk, dan jari manis. Sementara kelingking tidak mengalami.

Pengobatan Herbal untuk Nyeri Sendi

Selain berobat ke dokter dan mengonsumsi pengobatan kimiawi, Anda pun bisa mencoba mengobati nyeri sendi yang Anda alami dengan ramuan herbal. Kelebihan yang akan Anda dapatkan selain lebih murah, juga lebih sehat dan jauh dari efek samping. Anda bisa mencoba beberapa obat herbal nyeri sendi berikut ini:

  1. Jintan Hitam

Rebus 2 sendok teh jintan hitam dengan 300 ml air. Angkat setelah 200 ml dan minum daalam keadaan dingin. Minum ramuan herbal ini secara rutin menjelang tidur dan saat bangun tidur. Anda pun bisa mengonsumsi jintan hitam yang sudah dikemas dalam bentuk kapsul dan dijual di apotik-apotik.

  1. Kunyit

Siapkan 4 buah kunyit, 1 sendok lada hitam, 1 sendok makan minyak sayur. Lalu parut dan peras kunyit ke dalam gelas. Lada hitam ditumbuk hingga hancur dan halus, kemudian masukkan ke dalam gelas berisi perasan kunyit. Terakhir, tambahkan 1 sendok makan minyak sayur. Konsumsi ramuan tradisonal ini dua hari sekali. Semoga bermanfaat!

Sumber: liniberita.com

Tags :
Konfirmasi Donasi