GIGI SEHAT PARA JUARA

MEDAN. SD Juara Medan kedatangan ambulance dari Rumah Bersalin Gratiis Rumah Zakat, Rabu (26/1). Kali ini ambulans tidak membawa pasien tapi membawa seorang dokter dan asistemnya. Ternyata drg. Ratna dan Aji datang untuk melaksanakan pemeriksaan kesehatan gigi siswa SD Juara. Dalam kesempatan ini juga dilaksanakan penyuluhan cara menggosok gigi dengan benar.

Mendengar sirine ambulans para siswa SD Juara heboh. Mereka dengan kompak menyambut mobil tersebut di depan gerbang. Karena bertepatan dengan kegiatan bazar buku dan parenting school, suasana SD Juara Medan semakin ramai. Pemeriksaan kesehatan gigi ini dilaksanakan secara rutin dua kali dalam sebulan. Siswa diajarkan cara menggosok gigi dengan benar. Ratna menjelaskan, saat menggosok gigi bulu sikat membentuk sudut 45 derajat, dimulai dari daerah gusi tepi yaitu batas antara gusi dengan gigi. Menggosok gigi dilakukan dengan gerakan memutar perlahan. Sikat gigi diarahkan vertikal dan mengunakan ujung bulu sikat untuk membersihkan bagian dalam gigi depan bawah dan kebalikan untuk gigi depan atas. Untuk gigi posterior (belakang), permukaan dalam dibersihkan dengan cara yang sama dengan membersihkan permukaan luar. Permukaan atas gigi dibersihkan dengan gerakan maju mundur. Ratna juga berujar, “jangan lupa sikat juga permukaan lidah, agar makanan yang masih menempel bisa hilang”. Ia juga tidak lupa menjelaskan, kumur – kumur sebanyak 2-3 kali untuk membilas seluruh permukaan rongga mulut yang sudah disikat.

Selain mendengarkan penjelasan dari Ratna, siswa SD Juara Medan langsung mempraktekkan langsung cara menggosok gigi yang benar. Mereka berbaris di lapangan dan menggosok gigi di hadapan Ratna. Setelah penyuluhan mereka pun mendapatkan pemeriksaan gigi. Acara diakhiri dengan pemberian makanan tambahan untuk menjaga gizi para siswa.***
Newsroom/Fahriza Akbar
Medan

Tags :
Konfirmasi Donasi