GUDEP SMP JUARA PEKANBARU ANTUSIAS DALAM PERKEMAHAN BLOK KURIKULUM 2013

gudep-smp-juara-pekanbaru-antusias-dalam-perkemahan-blok-kurikulum-2013PEKANBARU. SMP Juara Pekanbaru melaksanakan kegiatan Perjusami dalam rangka Perkemahan Blok Kurikulum 2013. Kepramukaan (latihan Pramuka) dalam kurikulum 2013 ditetapkan menjadi ekstrakurikuler wajib di tingkat Sekolah Dasar (SD/MI), SMP dan MTs, serta SMA, MA, dan SMK.

Sebagai ekstrakurikuler wajib, Kepramukaan harus diikuti oleh seluruh peserta didik dalam sekolah tersebut. Sedangkan Model Blok adalah pola kegiatan ekstrakurikuler wajib pendidikan kepramukaan yang diselenggarakan setahun sekali, yakni pada awal tahun ajaran baru. Bersifat wajib, setahun sekali, berlaku bagi seluruh peserta didik, terjadwal, dan diberikan penilaian umum.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk membentuk karakter dan juga penerapan sikap mandiri terhadap peserta didik serta juga dapat memberikan pemahaman tentang wawasan kepramukan juga bisa mengaplikasikan kedalam kehidupan mereka nantinya.

Kegiatan diikuti oleh seluruh peserta didik dari kelas 7 sampai kelas 9 dengan perwakilan pembimbing putra sebanyak 8 orang dan pembimping putri sebanyak 8 orang yang masing-masing pembimbing merupakan semua guru dan para andalan ranting Bukit Raya.

Kegiatan diawali dengan pembukaan upacara yang dibuka langsung oleh kepala sekolah, Kak Syahrul Padilah, Spd. “Pramuka telah mengalami berbagai macam perkembangan, dengan perkembangan itu maka diharapakan nilai aktualisasi yang tertuang dari kepramukaan itu seharusnya diterapkan dalam kehidupan adik-adik penggalang,” tuturnya, (08/10). Syahrul melanjutkan, pramuka merupakan sebuah wadah untuk pembentukkan karakter peserta didik.

Selanjutnya Nurhasanah, S. Si sebagai ketua panitia kegiatan menyampaikan bahwa kegiatan ini rutin dilakukan setiap tahunnya, selain dari penguatan kurikulum 2013 pramuka juga merupakan sebuah terobosan jangka panjang ke depan bagi pendidikan aktualisasi bagi peserta didik.

Kegiatan ini dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Kwarda Provinsi Riau dan BNN Kota Pekanbaru dan ditutup dengan kegiatan outbond. Kegiatan Perkemahan Blok diakhiri dengan Hiking mengitari sekitar bumi perkemahan dan pembagian hadiah bagi pemenang.

“Alhamdulillah acara ini sangat memberikan ilmu yang positif bagi saya dan juga memberikan wadah untuk menempatkan diri kami dalam bidang keterampilan,” ungkap Rizky Ramadhan.

Newsroom/Adi Hamdani
Pekanbaru

Tags :
Konfirmasi Donasi