GUNUNG SINABUNG KEMBALI MELETUS SETINGGI 5.000 METER, RUMAH ZAKAT BAGIKAN 1000 MASKER

KARO. Gunung Sinabung di Kabupaten Karo Provinsi Sumatera Utara kembali meletus Pada Senin (19/2) pagi pukul 08.53 WIB. Data BNPB menunjukan tinggi kolom abu vulkanik 5.000 meter dengan tekanan kuat dan warna kelabu kegelapan. Lama gempa letusan 607 detik. Letusan disertai dengan luncuran awan panas sejauh 4.900 meter ke arah Selatan – Tenggara dan 3.500 meter ke arah Tenggara Timur. Angin bertiup ke arah Barat – Selatan.

Letusan disertai dengan suara gemuruh ini adalah letusan terbesar selama 2018. Abu vulkanik menyelimuti beberapa daerah di sekitar Gunung Sinabung, diantaranya Kecamatan Simpang Empat, Naman Teran, Payung, Tiga Nderket dan Munthe. Kondisi di lima kecamatan itu jadi gelap dengan jarak pandang sekitar 5 meter. Selain itu, batuan kecil juga menghujani 5 kecamatan itu. Hujan kerikil kecil juga masih terjadi seperti di Desa Kuta Mbaru dan Kuta Rakyat hingga pukul 10.00 Wib.

Pasca letusan tersebut, PVMBG menaikkan VONA (Volcano Observatory Notice for Aviation) dari Orange menjadi Merah. Artinya penerbangan pesawat tidak boleh melintasi sekitar Gunung Sinabung karena berbahaya.

“berdasarkan laporan BPBD Karo tidak ada korban jiwa dan tidak ada tambahan pengungsi pasca letusan ini, namun kebutuhan mendesak adalah masker dan mobil tangki untuk menyemprot abu vulkanik di jalan dan permukiman warga,” ujar Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB.

(19/02) Rumah Zakat Medan langsung menugaskan 5 orang Relawan untuk melakukan Aksi Peduli Bencana dengan membagikan 1000 masker untuk warga terdampak.  pagi ini (20/02) 300 masker di bagikan di SDN No. 047178 KINEPPEN Kec. Munte, Denagan dan Relawan juga turut bergotong royong untuk membersihkan debu vulkanik yang menutupi pelataran sekolah. Walaupun Debu vulkanik masih menyelimuti wilayah kaki Gunung Sinabung Kab. Karo namun aktifitas belajar mengajar di SD ini masih tetap berlangsung.

“Agar aktifitas dan pernapasan siswa maupun guru disini tidak terhambat akibat aktivitas abu vulkanik. Kami turut membagikan sekitar 300 masker disini, dan sisanya akan kami bagikan di wilayah lain” ujar Parlin Lubi, koordinator Relawan Rumah Zakat Medan.

Setelah pembagian masker di SDN No. 047178 KINEPPEN, Relawan Rumah Zakat langsung bergerak kembali melakukan pembagian masker gratis kepada warga yang melintas di wilayah Desa Tiga Ndreket, Kec. Tiga Dreket Kab. Karo.

Newsroom/ Lailatul Istikhomah
Karo

Tags :
Konfirmasi Donasi