GURU SD JUARA MANTAPKAN DIRI DENGAN METODE TILAWATIL QUR’AN

SURABAYA. GGURU SD JUARA MANTAPKAN DIRI DENGAN METODE TILAWATIL QUR'ANuru Juara (07/04) mengikuti pelatihan metode Tilawati dengan instruktur Ustad Nanang Fahrurrazi. Beliau merupakan trainer dan supervisor dari pesantren Al Qur’an pencetus metode Tilawati yaitu lembaga Nurul Falah, Surabaya. Pelatihan ini dibuka oleh kepala Sekolah SD Juara Surabaya, bapak Suradin, S.Si.

Pelatihan yang bertempat di ruang kelas 2 SD Juara Surabaya. Para peserta pelatihan mendapatkan teori dan praktik tentang metode, strategi, dan simulasi pembelajaran tilawati di kelas. Selain itu, ada sesi sharing seputar permasalahan di kelas beserta solusinya.

Metode Tilawati kali pertama diciptakan oleh sebuah tim yang beranggotakan K.H. Masrur Masyhud, Drs. H.M. Thohir Al Aly, M.Ag (Alm), Drs. H. Hasan Sadzili dan Drs. H. Ali Muaffa. Para pelopor tersebutlah yang merumuskan buku panduan Tilawati dari jilid 1 sampai dengan 6.
Metode Tilawati memuat kiat belajar baca tulis Al-Qur’an dengan metode membaca dan menyimak “baca simak” dengan sangat praktis, mudah dipahami dan waktu belajar akan fokus dan tidak membosankan. Dengan sistem pembelajaran klasikal, santri akan diperkenalkan membaca Al-Qur’an dengan “berlagu” yakni lagu Rosy yang mengharuskan siswa mengucapkan huruf dan kalimat mempergunakan lagu sesuai panjang pendeknya menurut ketentuan tajwidnya.

Yuswaningsih, peserta dari dari perwakilan dari pengajar jilid 2 mengatakan, “Saya bersyukur dan senang bisa menimba ilmu lewat pelatihan Tilawati ini. Dengan pelatihan seperti saya jadi bisa mengetahui tips dan trik mengatasi siswa yang spesial (red: butuh penanganan khusus),” ucapnya.***

Newsroom/Furi
Surabaya

Tags :
Konfirmasi Donasi