HYPNOBIRTHING DI RBSK MEDAN

RZ_hypnobirthing_medanMEDAN. Untuk meningkatkan kualitas layanan kepada para Penerima Manfaat RBSK Medan menambah satu kelas edukasi lagi. Setelah sebelumnya ada Kelas ASI (KLASI) setiap 2 pekanan, kali ini RBSK memperkenalkan kelas Hypnobirthing dan Senam Hamil (Yoga dan Belli Dance), Selasa (19/2)

Hypnobirthing dan Senam Hamil selama ini masih langka di kota Medan. Baru merambah ke  3 Rumah Sakit Ternama Kota Medan karena biaya untuk mengikuti kelas ini tergolong mahal. Untuk kelas Hypnobirthing misalnya, untuk satu paket (3 kali pertemuan), ibu hamil harus membayar Rp500 ribu untuk classical dan Rp800 ribu untuk privat.  Sedangkan kelas Yoga Rp150 ribu/paketnya (3 kali pertemuan). RBSK Medan tentunya ingin memberikan layanan Gratis Berkualitas untuk para Penerima Manfaatnya, sehingga digratiskan untuk pelayanannya.

Pengenalan Hypnobirthing di sampaikan oleh bidan Kristina ,AMKeb, CHt , seorang trainer Hypnobirthing Indonesia kepada 22 PM. Kemudian dilanjutkan dengan Tehnik Pernafasan oleh Bidan Lusi Fitriyanti yang merupakan pakar Yoga untuk Ibu Hamil di Kota Medan. Para PM sangat tercerahkan dengan pemaparan bidan Kristina.

Dipaparkan tentang mitos-mitos atau ketakutan pada ibu hamil yang harus dipangkas dari dalam fikiran ibu. ”Apakah ada ibu-ibu yang pernah melihat ibu melahirkan sambil tersenyum? Atau tidur nyenyak?,” seketika para peserta menggeleng. ” Melahirkan itu selalu identik dengan menjerit kesakitan. Padahal dengan hypnobirthing ibu bisa melahirkan dengan penuh senyuman. Kami sudah membuktikan dengan banyak pasien yang kami tangani,” ujar owner Rumah Sehat Kasih Bunda tersebut.

Ada 3 penekanan pada kelas pertama ini yaitu: persiapan fisik, mental, dan spiritual pada ibu hamil. Dengan mempersiapkan ke 3 hal tersebut hamil akan dirasakan sangat menyenangkan dan tanpa dilalui dengan rasa sakit sehingga dapat melahirkan dengan gembira. Penekan di persiapan mental adalah bagaimana ibu mampu mengendalikan emosi dan menjalin komunikasi yang terbaik dengan bayi dalam kandungan sehingga nilai-nilai kebaikan sudah ditamankan sejak dini.

Konsultasi berlangsung dengan interaktif walaupun di awal para PM masih asing dengan ilmu ini dan malu-malu bertanya.  Siti setelah di USG ternyata mengalami plasenta previa (menutup jalan lahir) sangat bersemangat ketika dikatakan dengan hypnobirthing plasenta akan bisa naik sehingga memberikan ruang untuk bayi bisa lahir normal. Untuk beberapa kasus khusus Bidan Kristina memberikan terapi dan CD gratis kepada PM. ”Tenang bu, untuk PM RBSK, kami akan memberikan gratis,” ujarnya lagi.***

Newsroom/Hariyanty Thahir
Medan

Tags :
Konfirmasi Donasi