IBU-IBU PKK MANFAATKAN BALAI INPIRASI ZIS INDOSAT UNTUK BERLATIH GEJOG LESUNG

YOGYAKARTA. (18/08) Desa Berdaya Jatimulyo, selain dikenal sebagai desa wisata, Desa Jatimulyo juga adalah desa budaya. Sore itu Fasilitator Desa Berdaya berkesempatan menemani ibu-ibu PKK dusun Sokomoyo untuk latihan “Gejog Lesung”. Salah satu warisan budaya yang sudah hampir punah namun mencoba untuk tetap dilestarikan ditengah jaman yang serba modern ini untuk kemudian diperkenalkan pada generasi muda.

Tampak semangat, memukul lesung, bernyanyi bahkan menari diantara ibu -ibu yang kebanyakan sudah lansia ini. Jelas tergambar tak ada raut sedih diantara kerut – kerut dikening karena usia.

“Kami kaya gini seminggu 2 kali, biar kalo sering kumpul berbagi cerita
kaya gini jadi sehat, pikiran jadi lebih terbuka” ungkap Bu Tini salah satu anggota.

Menjadi alasan tentunya berlatih 2 kali dalam semiggu karena PKK binaan Rumah Zakat ini sudah sering mengisi di Kabupaten dalam berbagai event maka harus rutin latihan untuk menjaga performa.

“Kegiatan ini beberapa waktu yang lalu sempat terhenti karena berbagai kendala dimasyarakat, Alhamdulillah dengan adanya Rumah Zakat bekerja sama dengan ZIS Indosat ada tempat dan fasilitas untuk kegiatan sehingga kegiatan positif seperti Gejog Lesung hari ini semakin teratur,” ujar bu Suyanti selaku ketua PKK.

Balai Inspirasi ZIS Indosat Jatimulyo Kulon Progo terletak di Joglo Padmo Saputro ini letaknya berada di pegunungan menoreh namun fasilitas internet, digital corner senantiasa mendampingi kegiatan masyarakat sehingga setiap harinya digunakan untuk latihan volly remaja, Gejog Lesung, Berkebun PKK, bimbel, les komputer, pertemuan rutin, merti desa, pembinaan, posyandu, Senam, dll.

“Alhamdulilah, balai inspirasi ini berfungsi sebagai pusat kegiatan di Desa, semoga kian hari bermanfaat dan tetap menebar kebaikan di desa berdaya Jatimulyo, Girimulyo, Kulon Progo, Yogyakarta,” ujar Murji, Fasilitator Desa Berdaya Jatimulyo.

Newsroom
Dani Suhardi / Lailatul Istikhomah

Tags :
Konfirmasi Donasi