BANK SAMPAH ICD RZ JUARAI LOMBA GOTONG ROYONG SE-JATIM

ICD DANDANGAN JALANI PENILAIAN DALAM LOMBA GOTONG ROYONG TERBAIK TINGKAT PROVINSI JAWA TIMURKEDIRI. ICD Dandangan yang merupakan wilayah binaan Cita Sehat Foundation (CSF) RZ cabang Kota Kediri berhasil lolos sebagai salah satu finalis dalam Lomba Pelaksana Gotong Royong Terbaik Tingkat Provinsi Jawa Timur. Dalam penilaian kali ini ICD Dandangan sebagai wakil Kota Kediri bersaing dengan dua kota lainnya di Jawa Timur, yaitu Kota Blitar dan Kota Mojokerto.

Penilaian lomba kali ini difokuskan pada seberapa besar keterlibatan masyarakat dalam gotong royong dengan dukungan dari pihak pemerintah dan lembaga non pemerintah, sehingga ada tiga aspek penilaian yang ditekankan pada lomba kali ini, diantaranya bidang kemasyarakatan, bidang ekonomi sosial budaya, dan bidang lingkungan.

“Bank sampah Jatayu merupakan bank sampah yang berdiri atas kerjasama CSF – RZ Cabang Kediri pada tahun 2014 dengan masyarakat Kelurahan Dandangan, khususnya RW 09. Bank sampah Jatayu memiliki variasi program dalam pelaksanaan bank sampah, diantaranya program sedekah sampah yang dilakukan di PAUD Ceria Gerdu Sehati. Dimana PAUD Ceria ini telah menjadi nasabah sampah dengan cara mensedekahkan sampahnya sejak bulan Oktober 2016,” papar Beni, CSF Kediri.

Selain sedekah sampah bank sampah Jatayu memiliki variasi program penanaman TOGA (Tanaman Obat Keluarga) berupa jahe merah sejak satu tahun yang lalu. Variasi program yang dilaksanakan bank sampah Jatayu merupakan program dampingan dari CSF – RZ cabang Kediri. Pada penilaian lomba pelaksanan gotong royong kali ini bank sampah Jatayu sebagai binaan RZ memiliki peran yang sangat besar dalam aspek penilaian bidang lingkungan.

Berdasarkan hasil tim penilai lomba gotong royong terbaik tingkat provinsi Jawa Timur, Kelurahan Dandangan ditetapkan sebagai Juara I Lomba Pelaksana Gotong Royong Terbaik Tingkat Provinsi Jawa Timur. Sehingga Kelurahan Dandangan berhak mewakili Provinsi Jawa Timur untuk maju ke lomba tingkat Nasional.

Newsroom/Beni
Kediri

Tags :
Konfirmasi Donasi