ICD OKURA CIPTAKAN PUPUK CAIR UNTUK SUBURKAN TANAMAN

RZ LDKO CilegonPEKANBARU. Rabu (10/12), RZ Pekanbaru menggelar pelatihan pembuatan pupuk cair dengan memanfaatkan sisa sampah basah rumah tangga. Kegiatan ini dilaksanakan di ICD Okura, Tebing Tinggi Okura, Rumbai Pesisir, Pekanbaru. “Alhamdulilah, kegiatan ini diikuti oleh 50 ibu perum yang tergabung dalam kelompok Okura Clean Community binaan RZ,” ucap Syahrir Afandi, MBO RZ Pekanbaru.

Dalam kesempatan yang sama, RZ memberikan edukasi dan solusi kepada para member binaan tentang optimalisasi sampah basah rumah tangga yang selama ini hanya sekedar dibuang, menjadi pupuk cair yang tidak berbau dan bisa dimamfaatkan sebagai nutrisi untuk tanaman rumahan.

Syahrir menjelaskan, bahwa pupuk yang bisa dipanen dalam waktu satu bulan ini, bisa digunakan untuk semua jenis tanaman. Para member diajak untuk membuat ramuan pupuk cair yang terdiri dari E4, air gula merah dan air sisa cucian beras oleh MBO RZ.

Setelah ramuan pencampur pupuk berhasil dibuat, kemudian dimasukkan kedalam tong yang berisi sampah-sampah basah yang sudah dibawa oleh ibu-ibu dari rumahnya. “Setelah ramuan pupuk dimasukkan kedalam tong yang berisi sampah, maka akan terjadi reaksi kimia yang bekerja membusukkan sampah menjadi cairan dan cairan inilah yang nantinya digunakan sebagai pupuk,” pungkas Syahrir.***

Newsroom/Diki Taufik
Pekanbaru

Tags :
Konfirmasi Donasi