[:ID]IDENTIFIKASI MAKANAN SEHAT BERSAMA SD JUARA PEKANBARU[:]

[:ID]PEKANBARU – Di hari bercuaca cerah, seluruh peserta didik kelas 5 SD Juara Pekanbaru beragenda Outing hari Kamis ini (28/11).

“Sehat itu penting ” adalah tema outing kali ini. Selain olahraga teratur, tidur yang cukup makanan juga sangat berpengaruh bagi kesehatan tubuh manusia. Jika makanan yang kita konsumsi tidak sehat maka akan berakibat terganggunya kerja organ dalam tubuh. Jika kerja organ tubuh terganggu, maka kita akan sakit. Jika kita sakit, maka aktivitas sehari-hari akan terganggu.

Untuk itu, memilih makanan sehat sangat penting sekali. Pengawet, peyedap dan pewarna adalah bahan yang perlu diperhatikan ketika memilih makanan terutama yang berkemasan. Jika salah satu bahan tersebut terdapat dalam komposisi makanan maka sebaiknya jangan dikonsumsi.

Untuk mengetahui makanan yang sehat dan tidak sehat maka guru kelas 5 mengajak peserta didik ke salah satu Supermarket yang ada di kota Pekanbaru.

Dengan memperhatikan komposisi yang tertera dalam kemasan dapat diketahui makanan yang mengandung pengawet, pewarna, dan peyedap. Beberapa sample makanan yang ada di supermarket diambil dan diperhatikan komposisi nya. Tidak sedikit produk yang dijual mengandung bahan yang sebenarnya tidak baik jika sering dikonsumsi.

Hasna salah satu peserta didik berkomentar “ternyata makanan yang selama ini saya anggap sehat, sebenarnya tidak sehat ya bu karena di komposisi nya ternyata ada pewarna”.

Setelah itu peserta didik membuat laporan hasil kegiatan berdasarkan pengamatan dan penjelasan dari guru. Kelompok yang sudah menyelesaikan laporan diperbolehkan makan siang.

“Outing kali ini sangat seru, selain bisa jalan-jalan, kita jadi tahu mana makanan sehat dan tidak sehat,” ucap Raihan, salah satu siswa.

Newsroom

Muhammad Bayu / Hanaa Afifah[:]

Tags :
Konfirmasi Donasi
id_IDBahasa Indonesia
en_USEnglish id_IDBahasa Indonesia