INDAHNYA SEDEKAH DI BULAN RAMADHAN

Bulan ramadhan merupakan salah satu bulan mulia yang sangat dinantikan kedatangannya. Bukan tanpa sebab, pada bulan ini Allah melipatgandakan setiap kebaikan yang bernilai pahala yang dilakukan oleh umat Muslim.

Salah satu bentuk kebaikan yang bisa dilakukan adalah dengan sedekah. Sedekah adalah suatu tindakan memberi yang dilakukan seorang Muslim kepada saudaranya dengan dasar ketaatan terhadap Allah. Sedekah tidak hanya berbentuk materi, bisa berupa pengetahuan, dzikir, dan lainnya.

Selain itu, sedekah tentu memiliki banyak keutamaan yang harus kita ketahui. Berikut beberapa keutamaan sedekah yang bisa kita dapatkan.

1. Pahala dilipatgandakan

Perumpamaan orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji. Allah melipatgandakan bagi siapa yang Dia kehendaki, dan allah Mahaluas, Maha Mengetahui.”

Al-Baqarah 2:261

2. Sedekah menghapus dosa

Sedekah itu dapat menghapus dosa sebagaimana air itu memadamkan api.”

HR. Tirmidzi

3. Menghindarkan diri dari api neraka

Kemudian Rasulullahsallahualaihiwasallam bersabda, “Maukah engkau aku tunjukkan pintu-pintu kebaikan? puasa adalah perisai, sedekah memadamkan kesalahan sebagaimana air memadamkan api.”

HR. Tirmidzi

4. Mendapatkan keringanan di akhirant

Barangsiapa yang meringankan kesusahan seorang mukmin di antara kesusahan-kesuahan dunia, niscaya Allah akan meringnkan kesushannya di antara kesusahan-kesuahan hari kiamat. Barangsiapa memudahkan rang yang sedang kesulitan, niscaya Allah akan memberinya kemudahan di dunia dan akhirat. Dan barangsiapa menutupi (aib) seorang muslim, niscaya Allah akan menutupi (aibnya) di dunia dan di akhirat. Allah akan selalu menolong seorang hamba selama ia mau menolong saudaranya.”

Sumber: Muslimpro

Tags :
Konfirmasi Donasi
id_IDBahasa Indonesia
en_USEnglish id_IDBahasa Indonesia