INGIN GIGI PUTIH? HINDARI 10 MAKANAN INI

gigi-putih-berseriKita semua tahu hal-hal seperti merokok dan minum terlalu banyak anggur merah dapat membuat gigi Anda terlihat kusam. Namun ternyata tetapi itu bukan satu-satunya penyebab gigi kusam.

Dilansir The Huffingtonpost dokter gigi Tariq Idrees telah mengungkapkan sepuluh makanan yang harus dihindari jika tidak ingin gigi kuning. Aturan dasar yang umum disampaikan Idrees saat menasihati pasiennya adalah jangan pilih makanan yang Anda tak mau menumpahkannya ke pakaian karena akan menimbulkan noda. Berikut adalah makanan yang harus dihindari demi gigi putih seperti mutiara.

Anggur putih

Anggur putih lebih asam dibandingkan merah, yang dapat menyebabkan kerusakan dan perubahan warna pada gigi. Asam dan tanin membuat gigi Anda menjadi kusam.


Saus pasta

Tomat dalam saus pasta dapat membuat gigi Anda rentan kusam karena keasaman. Warna merah cerah dan kecenderungan untuk melekat pada gigi. Anda dapat melindungi gigi terlebih dahulu dengan makan beberapa sayuran hijau berwarna gelap seperti brokoli, kale, atau bayam untuk membuat pelindung gigi. Ini akan menangkal efek pewarnaan tomat, sehingga pilihlan salad hijau sebagai pembuka sebelum mengkonsumsi pasta.

Kecap dan cuka balsamic

Kecap dan cuka adalah mimpi buruk untuk pakaian jika Anda menumpahkannya. Kedua bahan ini juga sebaiknya dihindari jika Anda ingin menampilkan senyum cerah setiap hari.

Kari

Semua makanan India yang kaya warna buruk bagi gigi. Sebab mereka cenderung dibuat dengan banyak pewarna buatan.

Es loli

Gula-gula mengandung pewarna yang akan mentransfer warna tersebut ke gigi dan berdiam dalam enamel berpori.

Fruit Tea

Kita semua tahu bahwa teh dan kopi bisa menodai gigi kita. Tetapi ini tidak hanya terbatas pada teh dan kopi. Semua jenis teh menodai gigi, terutama teh buah rasa stroberi, raspberry atau lainnya. Mereka kaya warna dan kaya tannin yang meninggalkan noda di permukaan gigi.

Acar

Sekali lagi itu adalah asam yang membuat gigi rentan terhadap pewarnaan.

Berries

Stroberi, raspberry dan blueberry semua berry kaya warna harus dihindari jika Anda ingin senyum cerah. Asam dan warna yang kuat dengan mudah membuat noda di gigi.

Soda

Soda sangat asam dan kaya akan warna sehingga sangat buruk untuk warna gigi.

Saos tomat

Saos tomat kaya asam dan warna sehingga tidak baik untuk warna gigi. Bayangkan betapa sulitnya menghilangkan noda saos tomat dari pakaian Anda. Ini sama dengan gigi Anda.

Namun Idrees mengatakan jika sangat menyukai saus tomat dan makanan-makanan di atas, Anda bisa meminimalkan kerusakan. Caranya dengan membersihkan gigi langsung setelah mengonsumsi makanan dan minuman tersebut. “Tapi ini hanya akan menghapus antara 50 hingga 60 persen dari pewarnaan,” ujarnya.

Tidak peduli seberapa keras Anda sikat, akan selalu ada beberapa pewarnaan yang membekas pada gigi. Kabar baiknya adalah beberapa noda gigi dapat dengan mudah dihilangkan dengan pemutihan dari seorang dokter gigi yang berpengalaman.

“Kami cenderung tidak merekomendasikan pasta gigi whitening karena mereka dapat membuat kondisi gigi lebih berbahaya. Mereka dapat menghancurkan perlindungan alami yang gigi Anda miliki, ” kata Idrees.

Sumber: republika.co.id

Tags :
Konfirmasi Donasi