INI DIA MANFAAT BUAH SEMANGKA

semangka-rumah zakatBuah semangka (citrullus lanatus) yang banyak ditanam  di daerah dekat pantai di Bantul maupun Kulonprogo, selain banyak mengandung air, isinya yang berwarna merah ini mempunyai banyak kandungan gizi serta banyak mengandung zat yang bisa mencegah berbagai penyakit. Telah diteliti oleh American Jurnal of Hipertention bahwa semangka dapat melebarkan pembuluh darah yang membuat kinerja jantung menjadi ringan saat menyebarkan darah dalam tubuh.

Di dalam semangka terdapat zat antioksidan dan lycopene yang membantu mencegah stroke dan radikal bebas, serta dapat menurunkan kolesterol jahat yang memicu terjadinya stroke dan jantung. Lycopene yang terdapat dalam semangka jenisnya sama dengan yang terdapat pada tomat mentah. Secangkir semangka mengandung lycopene yang setara yang dikandung dua tomat berukuran sedang.

Buah semangka juga kaya vitamin A dan beta karoten, vitamin C, Lutein dan Zeaxanthin yang berguna sebagai alat perlindungan mata  sehingga memaksimalkan kesehatan mata.

Tip memilih dan mengonsumsi buah semangka:

1. Tepuk bagian luar semangka dan perhatkan bunyi yang dikeluarkan. Jika terdengan berisi, maka kemungkinan semangka tersebut semangka yang baik.
2. Semangka tahan 7-10 hari dalam suhu kamar. Saat memotong semangka, tutup bagian terbukanya dengan plastik wrap dan masukkan ke dalam kulkas.
3. Hindari semangka yang masih mentah karena rasanya sedikit asam.
4. Ketika mengonsumsi semangka bagian putih atau hijau muda dekat kulitnya ialah bagian terpenting yang harus ikut dimakan, selain yang berwarna merah.

Sumber : www.republika.co.id

Foto        : www.republika.co.id

Tags :
Konfirmasi Donasi