INI PETUNJUK APAKAH KERINGAT ANDA MENYEHATKAN ATAU TIDAK

fungsi keringat.rumahzakatBerkeringat itu sehat bagi tubuh manusia. Namun keringat berlebihan bisa jadi pertanda yang tidak baik. Kapan keringat jadi menyehatkan atau malah jadi pertanda buruk bagi kesehatan? Nah, berikut ini kondisi-kondisi tubuh saat berkeringat yang menyiratkan kesehatan atau justru pertanda penyakit tertentu, seperti dikutip dari Boldsky, Selasa (11/6/2013):

Manfaat Keringat

1. Mendinginkan Tubuh

Keringat bermanfaat bagi tubuh lantaran membantu mendinginkan panas tubuh. Ini merupakan mekanisme alami tubuh untuk mengeluarkan uap dan menjaga suhu nyaman. Itu makanya saat cuaca terik atau makan yang panas-panas, tubuh Anda akan berkeringat.

2. Membersihkan Pori Kulit

Keringat dapat menghilangkan racun dari pori-pori kulit Anda. Dalam proses ini pori-pori terbuka, dan dengan bantuan keringat maka kerentanan akan jerawat dan masalah kulit lainnya bisa berkurang.

3. Membantu Menurunkan Berat Badan

Anda mungkin sering mendengar bahwa jika ingin menurunkan berat badan, maka harus banyak keringat yang keluar. Ketika Anda berkeringat karena latihan, artinya Anda benar-benar membakar kalori dan meningkatkan metabolisme.

Berkeringat Berlebihan, Indikasi Apa? Meski berkeringat itu sehat, namun berkeringat terlalu banyak merupakan pertanda masalah kesehatan. Berikut adalah beberapa kondisi kesehatan yang dapat menyebabkan keringat berlebihan.

1. Serangan Jantung

Ketika seseorang akan terkena serangan jantung, umumnya dia akan banjir keringat. Hal ini disertai dengan nyeri otot dan mual.

2. Tiroid

Terlalu banyak berkeringat juga bisa disebabkan oleh gangguan tirois. Umumnya telapak tangan juga ikut berkeringat jika memiliki tiroid yang tinggi.

3. Menopause

Berkeringat dan sensasi hot flashes adalah gejala umum menopause dan gangguan hormonal.

4. Leukaemia atau AIDS

Jika seseorang kerap mengalami keringat dingin di malam hari, maka hal itu dapat disebabkan oleh dua penyakit yakni kanker darah atau AIDS.

Bagaimana Mengetahui Keringat Berlebihan?

Jumlah keringat yang dihasilkan tubuh dipengaruhi oleh berbagai kondisi. Ada orang yang secara alami memiliki keringat lebih banyak daripada yang lain. Seseorang yang melakukan latihan fisik berat juga cenderung untuk berkeringat banyak. Keringat menjadi berlebihan jika keringat yang keluar dari tubuh lebih dari jumlah yang diperlukan tubuh untuk melakukan fungsinya. Misalnya saja jika Anda berkeringat meski tidak merasa kepanasan, atau berkeringat saat sedang duduk diam dan tidur di ruangan yang dingin, maka keringat yang keluar bisa dikatakan tidak normal.

Tubuh seharusnya berkeringat hanya saat seseorang merasa kepanasan atau karena kelelahan setelah melakukan aktivitas fisik. Jika keringat keluar tanpa ada rasa kepanasan sebelumnya atau tanpa suatu aktivitas fisik, maka itu artinya keringat keluar berlebihan.

 

Sumber : detik.com

Foto       : tipsku-tipsmu.com

 

Tags :
Konfirmasi Donasi