INILAH AKIBAT LAIN DARI MEROKOK

Selain berdampak pada paru-paru, merokok ternyata juga memberi akibat lain pada saraf otak. Berdasarkan penelitian dari Universitas King di London, Inggris, merokok melemahkan kemampuan daya memori, pengetahuan, dan penalaran. Dari sampel 8.800 orang berusia di atas 50 tahun juga terungkap, tekanan darah tinggi dan kelebihan berat badan turut berpengaruh terhadap kerja otak.

Studi ini dipublikasikan dalam jurnal Age and Ageing. Para ahli yang terlibat dalam penelitian itu mengungkapkan, masyarakat seharusnya lebih sadar bahwa gaya hidup negatif dapat merusak otak dan tubuh. Para peneliti mengambil data kesehatan para usia lanjut itu dengan menggunakan tes kemampuan otak. Seperti, menguji partisipan dengan kata-kata baru atau menyebutkan nama-nama binatang yang mereka ingat dalam satu menit. Hasilnya, terdapat keterkaitan antara merokok dan rendahnya hasil tes yang mereka peroleh.

Selain itu, risiko serangan jantung ataupun darah tinggi yang menyebabkan stroke juga sangat berkaitan erat dengan menurunnya daya kognitif (pengetahuan). Dokter Simon Ridley, peneliti Alzheimer di Inggris, mengatakan, para ahli telah berulang kali mengaitkan antara merokok dan tekanan darah tinggi sebagai penyebab menurunnya kemampuan kognitif dan kepikunan. “Penurunan kemampuan kognitif dan dalam usia lanjut bisa menjadi kepikunan,” ujarnya seperti dikutip BBC.

Karena itu, faktor-faktor terkait yang diketahui menjadi penyebab penurunan ini harus bisa dicegah. Yakni, dengan menu diet yang seimbang, berolahraga secara teratur, menjaga berat badan, serta melakukan pemeriksaan kolesterol dan tekanan darah tinggi. “Dan, tidak merokok akan membuat sesuatu yang berbeda.”

 

Sumber : www.republika.co.id

Foto      : www.republika.co.id

Tags :
Konfirmasi Donasi