JAGA SEMANGAT USAHA WARGA BINAAN, RUMAH ZAKAT GELAR MENTORING USAHA

SLEMAN. Dalam rangka membangun kemandirian para pelaku usaha, Fasilitator Desa Berdaya gelar Mentoring Usaha kedua untuk para anggota kelompok UKM binaan di desa Berdaya Jogotirto, Sleman,Rabu (06/02).

Mentoring Usaha ini dihadiri oleh 3 kelompok ekonomi binaan Fasilitator Desa Berdaya Jogotirto, Kecamatan Berbah, Kabupaten
Sleman sebanyak 40 anggota. Kelompok tersebut adalah Kelompok KWT Jelita, Kelompok Kerajinan Jogotirto Craft, dan Anggota sanggar Tirto Madu.

Kegiatan diawali dengan pembukaan, tilawah serta laporan hasil produksi kelompok selama 3 bulan terakhir untuk tetap membuat anggota kelompok optimis.

masing-masing kelompok usaha ini sudah memiliki produk diantaranya Kelompok KWT Jelita berupa keripik kenikir adalah 178 bungkus, dari Kelompok Kerajinan Jogotirto Craft sebanyak 380 asesoris, dan produksi sanggar Tirto Madu sebanyak 300 keset dan lampin anyam.

Selain itu, pihak kelurahan yang diwakili oleh Kepala Dusun Jragung,
Bapak Tikno juga berkesempatan hadir memberikan sambutan serta mengikuti dari awal sampai akhir kegiatan.

“Rumah Zakat membuat kegiatan yang sangat bagus diikuti oleh ibu-ibu di Desa Jogotirto. Nanti kita bisa bekerjasama untuk mengenalkan produk ibu-ibu semua, dan saya akan mengusulkan ke pihak kelurahan, agar kelompok ini mendapat fasilitas lokasi berjualan di lava bantal. Terimakasih kepada Rumah Zakat, sudah membimbing 3 kelompok usaha ini, ” ujar Tikno ketika memberikan sambutan.

Acara mentoring bisnis gabungan 3 kelompok binaan ini juga menghadirkan Bapak Yudiyanto selaku Pemberdaya Ekonomi dari Kantor Rumah Zakat Cabang Yogyakarta.

Peserta yang kesemuanya perempuan ini menyimak dengan antusias serta melontarkan berbagai pertanyaan ketika Bapak Yudiyanto memberikan materi terkait “Strategi usaha milenial”, dimana strategi tersebut harus diterapkan di proses bisnis usaha, yaitu di bagian produksi, bagian pemasaran, serta operasional

“Kelompok harus bisa mensejahterkaan anggotanya, karena kelompok sejatinya hanyalah sarana untuk memfasilitasi sebuah usaha bersama” ujar Yudiyanto diakhir kegiatan.

Mentoring bisnis yang digagas oleh Relawan fasilitator desa berdaya ini bisa menjadi ajang sharing, support dan belajar bersama, juga memperkecil resiko para anggotanya melakukan kesalahan yang sama seperti yang pernah dilakukan anggota yang lain. Kedekatan satu sama lain juga memberikan motivasi para anggotanya untuk
mencari solusi bila ada yang mendapatkan tantangan.

Newsroom
Hadi/ Lailatul Istikhomah

Tags :
Konfirmasi Donasi