JALIN KEDEKATAN KELUARGA MELALUI KARANTINA

BANDUNG, Rumah Zakat – Saat ini, sebagian besar masyarakat di seluruh dunia sedang melakukan karantina mandiri di rumah masing-masing. Ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan agar penyebaran wabah virus corona/Covid-19 bisa dihentikan.

Nah, banyak hal bisa dilakukan semasa melakukan masa karantina ini. Tidak hanya soal bekerja di rumah, masyarakat bisa memanfaatkan momen ini untuk lebih meningkatkan keharmonisan bersama anggota keluarga.

Dikutip dari Republika.co.id, Wakil Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Rita Pranawati mengatakan keadaan saat ini adalah momentum berharga di mana masa karantina bisa dijadikan sebagai momentum untk menghabiskan banyak waktu bersama anggota keluarga.

Dengan adanya karantina seperti ini, seluruh aktivitas menjadi terpusat di rumah. Oleh karena itu, orang tua bisa melakukan multi tasking dalam artian selain bekerja juga bisa mengawasi anak-anaknya.

Rita menambahkan, orang tua mempunyai peranan penting saat pandemik seperti sekarang ini. Dengan adanya di rumah, orang tua bisa menguatkan hubungan mereka dengan anggota keluarga khususnya dengan anak.

Orang tua bisa memperbaiki kembali komunikasi yang sebelumnya tidak berjalan dengan lancar. Selain itu, orang tua bisa menjadi pendengar yang baik bagi anak-anaknya bahkan bisa memberikan pembelajaran kepada anak dalam menyelesaikan tugas sekolah mereka.

Selain itu, orang tua juga bisa mengajarkan hal lain kepada anak mereka. Seperti memasak, berkebun dan hal-hal lain yang bisa menjadi hiburan di saat masa karantina seperti ini.

Dan yang lebih penting adalah orang tua bisa mengawasi secara langsung anak-anak mereka, terutama dalam hal penggunaan gadget.

Sumber: Republika.co.id

 

Tags :
Konfirmasi Donasi