JANGAN ANGGAP REMEH DIARE, INI DIA CARA MENANGKALNYA

Diare seperti air yang disertai badan panas dan mulas biasanya disebabkan oleh makanan yang terkontaminasi bakteri atau virus. Penyakit yang ditularkan melalui makanan ini sebenarnya dapat dicegah, apalagi yang ditularkan di rumah. Tipsnya juga sederhana, bahkan mungkin kadang-kadang sudah Anda kerjakan, namun perlu selanjutnya dikerjakan secara teratur.

Pertama, cuci tangan sebelum makan. Mula-mula cuci tangan di wastafel atau guyurlah tangan dengan segayung air, kemudian sabunlah kedua tangan sampai bersih, selama 20 detik, kemudian bersihkan dengan air bersih wastafel atau di air mengalir, kemudian keringkan dengan handuk tangan.

Kedua, sebelum makan buah dan lalap, dan juga sebelum masak sayur. Guyur dan bersihkanlah buah dan sayur mentah. Mencuci buah dan sayur adalah satu-satunya cara untuk mengurangi jumlah bakteri dan kuman yang ada di permukaan sayur dan buah yang belum dikupas. Untuk sayuran, buang dulu daun lapisan terluar sebelum dicuci. Kemudian keringkan dengan kertas sekali pakai atau lap yang bersih. Sedikit air di permukaan buah atau sayur memudahkan bakteri tumbuh berkembang, karena itu mengeringkannya menjadi penting sekali, khususnya bila tidak segera dimakan atau dimasak segera. Bila ragu-ragu mengenai kebersihan lalap, sebaiknya diguyur lagi dengan air panas sebelum dimakan.

Ketiga, sebelum memasak daging. Daging mentah, baik daging sapi ataupun ayam, jangan dicuci karena memang tidak perlu dan dapat menyebabkan kontaminasi silang bakteri. Bila belanja di pasar atau supermarket, pisahkan bungkusan bahan mentah dari bungkusan makanan siap saji, agar bakteri tidak pindah, mencegah kontaminasi silang.

Menyimpan bahan makanan di lemari es dapat menyebabkan perpindahan bakteri. Kuman dari daging mentah misalnya pindah ke makanan lain yang disimpan di lemari es yang sama. Bila lemari es tidak dibersihkan berkala, dapat menjadi sarana perpindahan kuman dari makanan mentah ke makanan lain seperti buah atau sayur. Daging mentah termasuk makanan yang sering mengandung banyak kuman, karena itu dimasukkan dalam kelompok makanan risiko tinggi. Bila ragu-ragu tentang kondisi makanan yang ada di lemari es, segera dibuang, jangan dimasak atau dimakan.

Memasak makanan juga harus sampai mendidih agar bakteri dan mikroorganisme mati. Jangan minum susu yang tidak diproses pasteurisasi, jangan pula makan telur mentah. Tidak benar mengonsumsi telur mentah dan madu lebih baik ketimbang makan telur matang dan minum madu.

 

Sumber : www.republika.co.id

Foto      : www.republika.co.id

Tags :
Konfirmasi Donasi