[:ID]JANGAN MALAS, MARI BERJEMUR TINGKATKAN IMUNITAS[:]

[:ID]BANDUNG, Rumah Zakat – Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mencegah penularan virus corona/Covid-19 selain upaya preventif dari luar adalah dengan menjaga pola hidup bersih dan sehat.

Beberapa hari ke belakang, masyarakat dihimbau untuk lebih aktif dalam menjaga kesehatan serta meningkatkan daya imun di dalam tubuh dengan menjemur diri di bawah sinar matahari.

Seperti diketahui, menjemur diri pada jam 10 pagi bisa menambah imunitas karena pada saat itu matahari memancarkan sinar yang mendandung vitamin D dimana vitamin tersebut diperlukan untuk meningkatkan kekebalan tubuh dari serangan virus.

Dikutip dari Republika.co.id, menurut Guru Besar Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FKKMK) UGM, Pof Madarina Julia mengatakan tubuh manusia memerlukan sinar matahari.

Menurutnya, salah satu vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh adalah Vitamin D yang mempunyai efek imunomodulator yang bisa memperbaiki sistem imun tubuh.

Tubuh yang kekurangan vitamin D dapat membuat pertumbuhan imun melambat sehingga tubuh mudah terserang bakteri dan virus.

Oleh karena itu, tubuh memerlukan vitamin D yang bisa didapatkan dengan murah meriah yaitu dengan berjemur di bawah sinar matahari. Adapun lama berjemur, Mardiana menyarankan sekitar 10-15 menit. Bisa dilakukan mulai jam 10 pagi sampai jam 3 sore.

Dan perlu diingat, ketika berjemur usahakan bagian tubuh terkena sinar matahari. Jangan sampai, kegiatan berjemur menjadi sia-sia hanya karena tubuh tertutup oleh baju sehingga tidak terkena matahari secara langsung.

 [:]

Tags :
Konfirmasi Donasi
id_IDBahasa Indonesia
en_USEnglish id_IDBahasa Indonesia