[:ID]JANGAN SALAH, INI BEDANYA GEJALA FLU DAN CORONA[:]

[:ID]BANDUNG, Rumah Zakat – Masih banyak masyarakat yang belum tahu, awal mula gejala corona itu seperti apa. Padahal, gejala tersebut tidak bisa diremehkan. Bahkan, ada beberapa kasus yang tidak menimbulkan gejala sama sekali.

Namun, masyarakat tetap harus waspada dan tidak menganggap remeh virus ini. Gejala corona umumnya mirip dengan gejala flu, tetap saja berbeda. Atas dasar inilah, orang-orang seringkali meremehkan ketika mereka mengalami flu dan menganggap akan sembuh dengan sendirinya.

Dikutip dari Republika.co.id, menurut professor biologi sistem komputasi Francois Balloux dari Universitas London, Banyak orang tidak menyadari bahwa dirinya sudah terinfeksi sehingga ketika terserang flu mereka hanya menganggap itu sebagai flu musiman.

Alhasil, mereka pun tidak memeriksakan diri kepada petugas kesehatan. Padahal, pelaporan yang cepat akan berdampak pada penanganan medis yang lebih baik sehingga wabah corona bisa ditekan penyebarannya.

Pada akhirnya, banyak orang yang terkena corona setelah beberapa hari berlalu. Inilah yang mengakibatkan terjadinya penumpukan pasien, dan puncaknya para petugas medis kewalahan untuk memberikan perawatan karena jumlah petugas medis yang terbatas.

Penting untuk diketahui, perbedaan mendasar gejala corona dengan flu diantaranya demam yang tinggi ( suhu berkisar 38 derajat celcius), sesak nafas, batuk kering, dan diare. Apabila Anda merasakan gejala tersebut setelah bersentuhan dengan orang lain, dan dalam beberapa hari gejalanya semakin parah maka alangkah lebih baknya untuk segera memeriksakan diri ke Rumah Sakit.

Bahkan sampai saat ini, para peneliti dari selluruh dunia masih bekerja keras untuk menemukan vaksin covid-19. Untuk pengembangannya sendiri pun, membutuhkan waktu berbulan bulan. Sehingga langkah yang paling tepat untuk saat ini adalah melakukan pencegahan sejak dini, serta waspada terhadap gejala awal.

Oleh karena itu, penting bagi masyarakat untuk lebih waspada dan melakukan langkah-langkah preventif untuk mencegah penularan virus tersebut. Langkah yang bisa dilakukan, antara lain menghindari kontak fisik seperti berjabat tangan, tidak menyentuh area wajah sebelum membersihkan tangan, selalu mencuci tangan dengan sabun dan air. Dan jangan lupa, agar menutup hidung dan mulut dengan siku ketika batuk atau bersin.

Sumber : Republika.co.id[:]

Tags :
Konfirmasi Donasi
id_IDBahasa Indonesia
en_USEnglish id_IDBahasa Indonesia