JUMANTIK CILIK IN ACTION

jumantik3MEDAN. Pemeriksaan jentik oleh Juru Pemantau Jentik dewasa itu sudah biasa. Tapi Jumantik Cilik? Mungkin baru Medan yang melakukannya.

Salah satu strategi untuk menginternalisasi Pola Hidup Bersih dan Sehat adalah dengan membiasakan hidup sehat sejak masih kanak – kanak. “Selain itu kami ingin membentuk jiwa kepedulian terhadap lingkungan dan masyrakat sejak dini. Karenanya kami melatih kader cilik peduli lingkungan seperti pelatihan Juru Pemantau Jentik Cilik atau disingkat Jumantik Cilik,” urai Hariyanty Thahir member of RZ (Cita Sehat Foundation) Medan.

Kader Jumantik cilik di ICD Sunggal yang berjumlah 18 orang ini selalu bersemangat untuk berkunjung ke rumah warga setiap hari sabtu sore. Seperti pada hari Sabtu (19/10), Jumantik cilik melakukan pemeriksaan Jentik di 118 rumah warga. Dari catatan yang mereka lakukan dengan rapi tercatat 28 rumah yang ada jentik di tempat penampungan air nya. Untuk sementara ini para kader Jumantik Cilik ini melakukan edukasi singkat kepada warga masyrakat yang di dalam rumahnya masih terdapat jentik.

“Untuk tindak lanjutnya Cita Sehat Foundation yang merupakan member of RZ di kota Medan, merencanakan akan melakukan fogging dan juga pemberian bubuk abate,” pungkas Hariyanty.

Newsroom/CSF
Medan

Tags :
Konfirmasi Donasi