KADER BUNZI DI KEDIRI MULAI PENUHI LAHAN DENGAN TOGA

KEDIRI. Para kader Kebun Gizi (Bunzi) Subur Makmur bersama-sama melakukan penanaman TOGA (Tanaman Obat Keluarga) pada Minggu (11/12). Program tersebut merupakan hasil sinergi dari Rumah Zakat dan Cita Sehat sebagai mitra kesehatan masyarakat di lingkungan RT 05/RW 04, Desa Ngadiluwih, Kec. Ngadiluwih, Kab. Kediri.

Beni, Public Health Cita Sehat Kediri mengatakan bahwa penanaman TOGA ini sebagai langkah awal pelaksanaan Asman (Asuhan Mandiri). “Agenda penanaman TOGA ini merupakan agenda lanjutan dari program Asuhan Mandiri dimana sebelumnya telah dilakukakan penyuluhan kepada para kader mengenai manfaat TOGA,” tutur Beni.

Lahan yang menjadi lokasi Kebun Gizi merupakan lahan kosong milik warga, secara sukarela digunakan untuk dimanfaatkan bersama. Jumlah kader terhitung sebanyak 12 orang. “Kebun TOGA ini merupakan pengembangan dari Kebun Gizi, sehingga lahannya memiliki porsi sendiri yaitu seluas 100 meter. Pada penanaman awal ini, telah ditanam sebnyak 50 jenis tanaman obat,” ujar Maya, penanggung jawab taman Kebun Gizi dari warga.

TOGA Subur Makmur di wilayah binaan Ngadiluwih merupakan TOGA yang didampingi langsung oleh pakar herbalis Kediri, yaitu Wahyu Alam. Secara berkala, ia bersama tim Cita Sehat dan Rumah Zakat membimbing para kader untuk dapat konsisten melakukan penanaman dan perawatan TOGA di wilayah Ngadiluwih.

“Alhamdulillah, dapat menjadi bagian dari Kebun Gizi di Ngadiluwih. Kami banyak belajar mengenai bercocok tanam khususnya sayuran dan buah. Ditambah lagi sekarang ini sedang belajar mengenai tanaman obat. Jadi nanti kalau ada warga sakit ringan, tinggal pakai obat herbal yang kita tanam sendiri,” tutur Saeroji (40), salah satu kader Kebun Gizi Ngadiluwih.

 

Newsroom/ Nurul Rahayu
Kediri

Tags :
Konfirmasi Donasi