KADER UKS CARE FOR TEENS REVIEW DAN PRAKTEK TTV KEPADA KADER BARU

SURABAYA, (01/11). Rutin setiap Hari Rabu sore, tim Care For Teens Surabaya mengadakan kegiatan pembinaan kader UKS di MTsN Surabaya 1. Pembinaan dimulai pukul 15.30 WIB setelah sholat ashar berjamaah. Tema pembinaan kali ini adalah meriview materi dan praktek tentang TTV (titik – titik vital) tubuh manusia yang dibawakan oleh salah seorang kader UKS yang telah lama mengikuti pembinaan Care For Teens yaitu Zevilsa Triamanda Ichsan kepada adik-adik kader UKS kelas VII yang baru.

“Titik – titik vital (TTV) adalah bagian pada tubuh manusia untuk mengenali adanya gejala gangguan sistem pada tubuh dan sebagai alat diagnosis awal tentang sebuah penyakit. TTV yang kita kenal ada beberapa diantaranya adalah denyut nadi (normal : 60-100/menit), tekanan darah (normal : 120/80 mmHg), laju pernafasan (normal : 12-20/menit), suhu tubuh (normal : 36,5-37,5°C).”, papar Zevilsa.

Pembinaan sore itu berakhir hingga pukul 17.00 WIB yang seharusnya berakhir pukul 16.30 WIB, itu semua dikarena adik-adik kader yang baru sangat antusias mempraktekkannya.

“Estafet informasi/ilmu yang sudah diberikan wajib dilatih supaya kemandirian bisa tercipta diantara anak-anak kader UKS. Walau banyak kekurangan dan malu-malu saat menyampaikan, tetapi ini awal yang baik untuk mereka berani berbicara tentang kesehatan. Berani salah itu baik, dengan salah kita akan terus belajar untuk menyempurnakan.”, tutur Ilham Akbar, PIC Care For Teens Surabaya.

Newsroom/Kuna
Surabaya

Tags :
Konfirmasi Donasi