KAMPANYE PENCEGAHAN TBC, RUMAH ZAKAT BAGI MASKER DAN EDUKASI

SURABAYA. Care For Teen (CFT) Rumah Zakat Surabaya melakukan kampanye gerakan TOSS TB dalam rangka memperingati Hari Tuberkulosis Sedunia yang diperingati setiap tanggal 24 Maret. Sedari pagi (25/03), teman-teman CFT berkumpul di Car Free Day Taman Bungkul Surabaya, untuk membagikan masker dan sticker berisi edukasi tentang penyakit TBC.

TOSS TB sendiri merupakan singkatan dari Temukan TB Obati Sampai Sembuh, sebuah gerakan dari Kementerian Kesehatan RI untuk menemukan pasien TB sedini mungkin dan mengobatinya sampai sembuh sehingga rantai penularan penyakit TB di masyarakat bisa dihentikan.

“Indonesia merupakan Negara tertinggi kedua penderita TB setelah India. Masyarakat perlu tahu lebih dalam untuk mencegah penyakit TB”, ujar Maya koordinator aksi.

Tim CFT keliling melakukan pawai di CFD sambil memberikan informasi terkait tanda-tanda, penularan, dan pencegahan penyakit TB. Salah satu pencegahan dengan menggunakan
masker dan tidak meludah sembarangan.

Masyarakat cukup antusias karena sebagian besar belum mengetahui tentang penyakit TB yang ternyata bisa menyebabkan kematian.
“Yang saya tau, TB itu penyakit batuk yang tidak sembuh-sembuh”, ujar salah satu masyarakat.

Harapannya, semoga masyarakat bisa lebih peka dengan penyakit TB. Yang sudah sakit supaya tidak menularkan, dan yang sehat jangan sampai tertular.

Newsroom

Asih / Lailatul Istikhomah

Tags :
Konfirmasi Donasi