KAMPUNG SAYUR UNTUK HIJAUKAN DESA BERDAYA PATEBON

KENDAL. Tanaman hijau berderet rimbun di halaman rumah warga. Beberapa sudah berbuah, sementara beberapa tanaman lain hanya tersisa daun-daun yang masih hijau. Sementara tak jauh dari itu, ada pula polybag yang masih berisi benih-benih pohon cabai, terong, tomat, dan sayuran lainnya.

Fasilitator Desa Berdaya Patebon, Siti Munawaroh mengatakan bahwa dirinya memutuskan untuk memilih metode pembagian benih kepada masing – masing warga untuk menanam sayuran di halaman rumahnya.

“Dulu sempat dilakukan penanaman kebun sayur di sebuah lahan, tapi ternyata kurang maksimal. Warga yang belum menyadari tugas dan kewajiban masing-masing, terkadang sulit untuk datang ke lahan untuk melaksanakan piket menyiram atau menyiangi kebun. Akhirnya saya ubah pola penanaman. Masing- masing warga diberi benih dan polybag kemudian menanamnya di pekarangan rumah,” papar Siti Munawaroh atau biasa dipanggil Muna

Sudah sejak awal tahun 2017 lalu, Muna, kembali memulai pembentukan program kampung sayur di wilayah Desa Patebon. Saat ini memang baru ada satu wilayah RT beranggotakan 30 orang yang menanam sayur di halaman rumahnya. Namun, Muna mengatakan wilayah itu akan terus diperluas agar semakin banyak warga yang menanam sayuran.

“Saya memulai di wilayah RT 01 ini, sebab warga di sini lebih mudah untuk diajak. Saat ini saya juga sedang melakukan ekspansi wilayah ke beberapa RT agar turut serta dalam program ini pula,” tambah Muna.

Pada mulanya Muna memberikan tiga polybag beserta benih tanaman untuk setiap warga di RT 01/06 Dusun Babadan Patebon. Metode tersebut menurut Muna dirasa lebih efektif. Sebab menurut dia, beberapa warga merasa harus bertanggung jawab atas tanaman mereka masing-masing.

“Dengan metode seperti ini, tidak ada lagi warga yang saling mengandalkan. Semua justru saling berlomba. Kalau melihat kebun tetangganya yang sudah berbuah, maka ia juga akan lebih semangat memelihara tanamannya,” katanya.

Salah satu anggota kelompok Kampung Sayur Patebon ialah Layla. Pada saat Lebaran kemarin, Layla yang telaten mengurus tanaman sayur di pekarangan rumahnya sudah memanen tomat dan cabai. “Saya memang hobi berkebun, jadi saat ada program Kampung Sayur dari Rumah Zakat, saya langsung semangat untuk menanam sayuran di pekarangan rumah. Alhamdulillah, sudah berbuah dan pernah panen. Tomat dan cabainya besar-besar,” ujar Layla.

Gadis yang membuka jasa pembuatan henna ini berkeinginan untuk memperbanyak tanaman sayur di pekarangan rumahnya. Agar selain untuk dikonsumsi, hasil panen yang didapat juga bisa dijual dan menambah penghasilannya.

“Semoga nanti sayurnya bisa semakin banyak. Kemudian bisa dijual dan saya bisa menambah pendapatan saya,” katanya.

Newsroom / Lailatul Istikhomah
Kendal

Tags :
Konfirmasi Donasi