KAMPUS RELAWAN, RELAWAN RZ BOGOR GELAR LATIHAN VERTICAL RESCUE

KAMPUS RELAWAN, RELAWAN RZ BOGOR GELAR LATIHAN VERTICAL RESCUEBOGOR. Sebagai upaya peningkatan kapasitas kemampuan para Relawan, pada hari Ahad (15/05) Relawan RZ cabang Bogor mengelar kegiatan Kampus Relawan dengan tema “Vertical Rescue”. Kegiatan yang dilaksanakan di kantor Dinas Tenaga Kerja, Sosial, dan Transmigrasi Kota Bogor ini menghadirkan pemateri dari Tagana kota Bogor.

Ifa, selaku koordinator Relawan RZ Bogor menuturkan bahwa kegiatan tersebut diawali dengan materi mengenai teknik dasar tali-temali dan teori teknik Vertikal Rescue yang disampaikan oleh M. Rizki.

Materi selanjutnya diberikan oleh Krisna dari Tim Tagana kota Bogor mengenai praktik Vertical Rescue, yang merupakan bagian dari operasi SAR (Search and Rescue) yang dilakukan pada saat evakuasi atau pemindahan korban dari medan khusus vertical atau terjal, baik basah maupun kering.

Vertical Rescue adalah suatu Teknik Evakuasi (memindahkan ke lokasi yang lebih aman) objek (baik barang maupun manusia/korban) dari titik rendah ke titik yang lebih tinggi atau sebaliknya, pada medan yang curam/vertical baik kering maupun basah.

Berakhirnya penyampaian materi dari tim Tagana, dilanjutkan dengan praktik teknik pemanjatan atau pemanjat perintis (Leader), yaitu teknik penjangkauan korban atau objek yang dilakukan dengan cara pemajatan perintisan dari titik di bawah posisi dimana objek atau korban berada.

Teknik ini dilakukan dengan memasang pengaman pada titik-titik tertentu. Traversing, atau perintisan menyamping dalam teknik ini merupakan upaya penjangkauan terhadap objek atau korban yang dilakukan dengan cara menyamping. Dimana tim evakuasi berada dalam titik sejajar dengan posisi keberadaan objek atau korban.

“Teknik ini dilakukan oleh pemanjat perintis dengan memasang pengaman pada titik tertentu. Abseiling (rapelling/descending), teknik ini digunakan jika posisi objek atau korban berada yang dibawah posisi tim evakuasi, misalnya jika objek atau korban berada di dalam jurang, lubang dan lain-lain.” jelas Krisna, pemateri dari Tim Tagana Bogor.

Newsroom/Anto
Bogor

Tags :
Konfirmasi Donasi