KAMPUS RELAWAN RZ : ANTUSIASME PELAJARI PEMADAMAN KEBAKARAN

KAMPUS RELAWAN RZ ANTUSIASME PELAJARI PEMADAMAN KEBAKARANSURABAYA. Relawan RZ Surabaya pada Minggu (22/05) kemarin, tepatnya pada pukul 13.00 – 16.30 WIB melaksanakan kegiatan Kampus Relawan (KR) di SDI Darussalam Surabaya (SD Juara Surabaya) dan dihadiri oleh 12 Relawan.

KR kali ini bertemakan “Pemadaman Kebakaran” yang disampaikan oleh mas Teguh, Relawan RZ Surabaya. Materi yang disampaikan pun sangat komprehensif meliputi : Apa itu Kebakaran, Sumber terjadinya Api, Teori Segitiga Api, Penyebab Kebakaran, Bahaya-bahaya Kebakaran, Klarifikasi Kebakaran, Teknik Pemadaman, Sistem Proteksi Kebakaran, Jenis APAR (Alat Pemadam Kebakaran), dan Cara menggunakan APAR.

“Beberapa teknik Pemadaman yang bisa kita lakukan saat terjadi kebakaran diantaranya : 1. Smothering (menutupi/menyelimuti), 2. Cooling (Pendinginan), 3. Starvatiom (Mengurangi mengambil bahan), 4. Memutus rantai reaksi pembakaran, 5. Emulfisicaton (Pemdaman dengan air), dan 6. Pelarutan.” jelas Sigit, dalam sesi pemaparan materinya.

Tak hanya penyampaian materi, setelah ishoma (istirahat sholat makan) kegiatan tersebut dilanjutkan dengan praktik simulasi kebakaran dengan alat sederhana, yaitu menggunakan karung goni dengan teknik pemadaman Smothering (menutupi/menyelimuti). Simulasi ini pun dipandu oleh mas Sigit, Relawan RZ Surabaya yang juga merupakan anggota dari SATLAKAR (Satuan Relawan Kebakaran) Kota Surabaya. Simulasi ini diikuti oleh semua Relawan yang hadir.

“Semoga Kampus Relawan kali ini dapat menambah ilmu tentang penanganan Kebakaran sehingga dapat dipraktikkan apabila terjadi kebakaran dan dapat meminimalisir dampak maupun korban kebakaran yang terjadi di sekitar kita.” ungkap Irmayatul Khotimah, Relawan RZ Surabaya.

 

 

Newsroom/Irmayatul Khotimah
Surabaya

Tags :
Konfirmasi Donasi