KAPAL NUSANTARA BERDAYA: KOMITMEN PROGRAM UNTUK INDONESIA TIMUR

TERNATE. Bertempat di Gedung Dhuafa Center, Jalan Sultan M. Djabir Sjah, Ternate hari ini Selasa (25/7), Rumah Zakat dan AMCF (Asia Muslim Charity Foundation) meresmikan Kapal Nusantara Berdaya yang disaksikan langsung oleh Wakil Gubernur Maluku Utara, Ir. Muhammad Natsir Thaib.

“Kapal ini akan mengelilingi pulau-pulau di kawasan Maluku Utara untuk melakukan aksi-aksi kemanusiaan dan pemberdayaan. Fokus programnya adalah kesehatan, pendidikan, dan pembangunan infrastruktur” jelas Noor Yahya Muhammad, Chief Program Officer Rumah Zakat.

Dengan mengusung semangat Nusantara Berdaya, Rumah Zakat menjalin sinergi dengan AMCF dalam menjalankan komitmen program sosial kemanusiaan di Indonesia Timur. “Kami sangat senang Rumah Zakat bergabung dalam program ini. Sebelumnya, kami telah meresmikan program serupa di Sorong, Papua. Semoga dengan kerjasama ini, semakin banyak wilayah Indonesia yang bisa kita berdayakan,” tutur Ahmad Faisal Siregar, Direktur AMCF.

Semangat berdaya dalam implementasi program Kapal Nusantara Berdaya ini menjadi komitmen Rumah Zakat untuk memberdayakan berbagai wilayah di nusantara melalui aksi-aksi kemanusiaan. “Tim Kapal Nusantara Berdaya tidak hanya datang ke suatu pulau untuk memberikan bantuan, melainkan secara aktif melakukan pembinaan kepada masyarakat. Kami berharap program ini dapat memberikan perubahan yang lebih baik untuk kehidupan masyarakat di daerah pelosok,” terang Noor Yahya.

Di tahun pertama, Kapal Nusantara Berdaya akan mengelilingi kawasan Pulau Halmahera, Maluku Utara. Mereka akan mendatangi satu per satu desa di sana.

“Halmahera jadi tujuan pertama, karena merupakan pulau terluas dengan masyarakat terbanyak di Maluku Utara. Akan ada dua tim di kapal yang akan bergantian per enam bulan sekali untuk melakukan aksi,” ungkap Faisal.
Rumah Zakat telah merencanakan kerjasama program Kapal Nusantara Berdaya untuk menjangkau kawasan lainnya di Indonesia.

“Kami sedang mendiskusikan kerjasama program di Pontianak, Nusa Tenggara Timur dan Sulawesi Tenggara. Semoga kolaborasi program pemberdayaan ini membawa kebaikan untuk Indonesia,” pungkas Noor Yahya.

Ria Arianti 

Ternate 

Tags :
Konfirmasi Donasi