KEBAHAGIAAN WARGA LEBAK HADIRI KHITANAN MASSAL RZ

KEBAHAGIAAN WARGA LEBAK HADIRI KHITANAN MASSAL RZLEBAK. Khitan merupakan bagian dari syariat Islam. Khitan merupakan kewajiban bagi setiap anak laki-laki muslim dan hal ini telah dicontohkan Rasulullah SAW. Selain mengikuti syariat, khitan juga memiliki manfaat dari segi kesehatan, untuk kebersihan, sebagai sarana penyucian diri juga untuk menghindarkan diri dari penyakit. Namun karena biaya yang dibutuhkan untuk berkhitan dipandang tidak sedikit, maka banyak yang menunda mengkhitan anaknya karena terkendala biaya.

Sebagai bentuk kepedulian terhadap hal ini, para donatur bekerjasama dengan RZ dalam program Khitanan Massal. Kegiatan ini merupakan program yang bertujuan untuk memfasilitasi masyarakat yang kurang mampu untuk bisa mendapatkan layanan khitan secara gratis. Khitanan massal dilaksanakan pada hari Sabtu (09/01) lalu bertempat di balai Desa Cirendeu Kecamatan Cilograng Kabupaten Lebak.

Lokasi tersebut merupakan wilayah yang mayoritas masyarakatnya berada di tingkat perekonomian menengah ke bawah, Desa Cirendeu juga termasuk daerah pedalaman yang jauh dari akses layanan kesehatan yang mana masyarakat sulit mendapatkan layanan kesehatan yang layak.

Kegiatan khitanan massal dimulai pukul 08.00 WIB dan diawali dengan daftar ulang peserta dan pengisian formulir status sirkumsisi, setelah seluruh peserta berkumpul terlebih dahulu acara seremonial yang dipandu oleh relawan.

Acara dimulai dengan pembukaan, pembacaan ayat suci Al-qur’an, sambutan dari kepala desa Cirendeu kecamatan Cilograng kabupaten Lebak yaitu bapak Hendriana ST, sambutan dari perwakilan RZ cabang Cilegon yaitu Bapak Humaedi, dan dilanjutkan dengan doa agar proses khitan berjalan dengan lancar dan penutup.

Proses khitan dimulai dengan pemanggilan peserta secara bergiliran untuk menuju ruangan khitan. Bagi peserta yang belum dipanggil maka menunggu diruang yang terpisah dengan sambil diberikan games anak yang telah disediakan oleh relawan.

Peserta yang sudah dikhitan kemudian diberi obat dan pengarahan penggunaannya, setelah itu peserta diberikan bingkisan dan uang suka. Jumlah penerima manfaat Khitanan Massal ini berjumlah 40 anak.

“Karena bantuan Rumah Zakat (RZ) dan donatur, anak saya Alhamdulillah sudah dikhitan, saya ucapkan terima kasih banyak”, ucap Bapak Ulum (38), selaku orang tua dari salah satu penerima manfaat ini.***

Newsroom/Susilowati
Lebak

Tags :
Konfirmasi Donasi