KEBERHASILAN PROGRAM POS KEMANDIRIAN SANITASI YAYASAN DANAMON PEDULI

BANTEN. Minggu (16/09) Rumah Zakat bersama kader Bumi Asih menyelenggarakan kegiatan kompetisi Awarness. Kegiatan ini merupakan bagian dari program Pos Kemandirian
Sanitasi Yayasan Danamon Peduli yang sudah berjalan 1 tahun terakhir.

Dida selaku Fasilitator Rumah Zakat menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mereview wawasan masyarakat terhadap kesehatan yang dikemas dengan kegiatan perlombaan antara kampung Cibangka RT17/03 dengan Kampung Kramat RT18/04 Sebagai Penerima manfaat Program Pos Kemandirian Sanitasi ini. Ada 3 sesi perlombaan pada kegiatan tersebut, 1. TTS (Teka Teki Sehat), 2. Perebutan Soal, dan 3. Menggambar dan Menjelaskan Rumah Sehat. Pak Aep staf desa labuan mewakili Pak Lurah Jeje memberikan sambutan dan mengawali kegiatan pada hari ini.

“Terima Kasih kepada Rumah Zakat dan Yayasan Danamon Peduli sudah memberikan bantuan MCK dan membina masyarakat di desa labuan. Alhamdulillah kerja keras kang dida dan ibu-ibu kader bumi asih kini kp cibangka dan Kp Kramat 99% memiliki jamban pribadi yang betul-betul kami melihat langsung bahwa masyarakat kita sudah memiliki jamban” ujar sambutan pak aep.

Selain itu dari pihak puskesmas yang diwakili bidan ratna dan bidan lina hadir memberikan sambutan dan menjadi juri perlombaan. Acara berlangsung sangat seru dan ramai. Kp cibangka yang diwakili oleh ibu rubiyati, ibu nuriyah, dan ibu safriah keluar sebagai pemenangnya mengalahkan ibu aisah, ibu jubaidah, dan ibu eka yang mewakili kp kramat.

Canda tawa dan tepuk tangan yang gemuruh meramaikan acara. Sesi terakhir dalam kegiatan, panitia telah menyiapkan beberapa doorprize untuk para peserta yang hadir. Dari ibu – ibu sampai anak – anak yang hadir mendapatkan doorprizenya. Ada 1 hadiah spesial yang disiapkan oleh panitia untuk Pejuang Jamban of the years yaitu diberikan kepada
Ibu Diah sosok wanita paruh bayah yang tidak pernah absen menabung dan ikut serta kegiatan yang diadakan oleh Rumah zakat. Pemberian hadiah kepada ibu diah disambut tepuk tangan yang sangat gemuruh sekaligus menjadi penutup acara pada kegiatan hari itu.

“Alhamdulila, Program Pos Kemandirian¬† Sanitasi Yayasan Danamon Peduli yang sudah berjalan satu tahun ini bisa dibilang berhasil mengedukasi masyarakat di sini, semoga masyarkat makin sehat dengan adanya program ini” ujar Dida, Fasilitator Rumah Zakat.

Newsroom
Muhtadin / Lailatul Istikhomah

Tags :
Konfirmasi Donasi