KEBRAJAN BANK SAMPAH SEJAHTERA JADI PERCONTOHAN DUKUH LAINNYA DI DESA UJUNGRUSI

TEGAL. “Kebrajan Bank Sampah Sejahtera ini menjadi percontohan dukuh yang lainnya di desa Ujungrusi dalam pembuatan bank sampah. Saya berharap sekali Relawan Inspirasi bisa melakukan sosialisasi ke dukuh yang lainnya di desa Ujungrusi” ungkap pak Andro, salah satu Pamong Desa Ujungrusi.

Ibu-ibu PKK RT 02/ RW 01 Ujungrusi, Adiwerna, Kab. Tegal bersama Relawan Inspirasi Rumah Zakat menginisiasi Kebrajan Bank Sampah Sejahtera yang dapat dimanfaatkan oleh warga sekitar. Seperti halnya pada Minggu (24/09) dilakukan aktivitas pemilahan sampah.

Kata ‘Kebrajan’ diambil dari dukuh tempat bank sampah berdiri, sementara kata ‘Sejahtera’ diambil sebagai harapan akan kesejahteraan bagi pengurus, nasabah dan masyarakat desa Ujungrusi.

Adapun untuk pengurus Kebrajan Bank Sampah Sejahtera ini sendiri sudah terbentuk pada saat ibu-ibu PKK diundang ke Rumah Relawan Inspirasi Rumah Zakat. Rohayati selaku ketua PKK menuturkan, “Saya sangat berterima kasih sekali terhadap Rumah Zakat dengan mengubah lingkungan desa menjadi asri. Mudah-mudahan bank sampah di RT 02/ RW 01 ini menjadi percontohan RT dan RW yang di desa Ujungrusi bahkan di kecamatan lain.” Katanya.

Rohayati menambahkan, “Masih banyak ditemukan masyarakat terutama di desa Ujungrusi yang belum sadar dan malas untuk memilah sampah. Hal ini yang kemudian menjadi permasalahan di lingkungan seperti lingkungan yang kumuh.” pungkasnya.
Sampah dipilah dan ditimbang setiap hari Ahad setiap 2 pekan sekali pada pukul 09.00. Untuk pembagian hasilnya yaitu 30% untuk pengurus dan 70 % untuk nasabah. Setiap RT pun sudah dibentuk kader untuk menggerakan warga di RT-nya yang menjadi nasabah bank sampah.

“Syukur alhamdulillah pengepul mau menerima sampah kantong plastik, karena berbeda dengan pengepul yang lainnya. Tidak mau untuk menerima sampah kantong plastik. Saat ditimbang dari berbagai jenis sampah alhamdulillah sampah digantikan dengan uang sebesar Rp116.000.” ungkap Hasbi, Relawan Inspirasi, Minggu (24/09).

Besar harapan, ke depan kesadaran masyarakat dalam memilah sampah dapat semakin meningkat untuk turut serta melestarikan lingkungan.

 

Newsroom/Ai Ratih Rusmayanti
Tegal

 

 

 

Tags :
Konfirmasi Donasi