KELOMPOK TANI MAJU LESTARI PRODUKSI GULA KRISTAL UNTUK EXPORT

BANJARNEGARA. (2/08) Desa Gumem Kulon adalah salah satu desa binaan Rumah Zakat memiliki berbagai produk unggulan lokal dan salah satunya adalah gula kelapa kristal.

Dengan jumlah petani gula yang cukup banyak yaitu 1500 petani, Desa Gumem Kulon sangat cocok untuk dikembangkan dan dikelola agar petani gula yang masih menggunakan cara tradisional bisa berkembang dan meningkatkan pendapatan untuk meningkatkan kesejahteraan petani.

Pembinaan yang dilakukan Fasilitator Desa Berdaya kepada petani yang telah dilakukan selama satu tahun ini mulai terlihat hasilnya. Kelompok tani Maju Lestari yang dibina Fasilitator Rumah Zakat kini memiliki 44 orang anggota aktif dan seratusan anggota non aktif. Kini kelompok ini sudah bisa mensupali gula kristal dengan kualitas impor.

“Setelah kurang lebih 8 bulan berjalan dengan dan dibantu kawan-kawan kelompok lain yang telah lama eksis di dunia gula,kelompok tani Maju Lestari pun sudah bisa mengikuti langkah mereka mensuplai gula untuk kualitas ekspor” ujar Fasilitator Desa Berdaya, Sarwin

Meskipun jumlahnya belum besar berkisar 5 ton per bulan kelompok ini sudah ikut mengirim gula untuk diekspor. Harga yang lebih mahal menjadi pertimbangan mengapa gula serbuk ini kurang peminatnya untuk konsumsi dalam negeri.

Pada acara Dieng Culture Festival yang akan dilaksanakan tangggal 3 Agustus 2018 mendatang Kelompok Tani Maju Lestari akan ikut berpartisipasi dalam pameran produk.

“Ini merupakan salah satu langkah mengenalkan produk olahan petani yang telah dikenal dunia namun justru awam di dalam negeri,” tambah Sarwin

Newsroom
Dani Suhardi / Lailatul Istikhomah

Tags :
Konfirmasi Donasi