KEMENSOS GULIRKAN BEBAS ANAK JALANAN 2011 DI JAKARTA

JAKARTA. Kementrian Sosial di tahun 2011 ini menggelar program Jakarta Bebas Anak Jalanan (Anjal). Kemensos mempercayakan implementasi pilot proyek program Anjal ini pada Rumah Zakat di wilayah Jakarta dengan target Anjal 150 orang. Program ini berjalan mulai pertengahan September 2011. Rumah Zakat telah mendata sebanyak 80 Anjal yang tersebar di wilayah Cipinang, Jatinegara, dan Pulo Jahe Cakung.

Solusi pemecahan masalah Anak Jalanan ini direncanakan mendapat beasiswa sebesar Rp 1.5 juta selama 1 tahun dari Kemensos, pemberian beasiswa ini dengan tujuan agar mereka tidak terjun ke jalan untuk mengamen atau menjadi pemulung. Mereka akan mendapatkan tabungan untuk beasiswanya melalui bank. Rumah Zakat telah bekerjasama dengan Bank BRI Syariah dan Bank BNI 46.

Ada 8 siswa dari SD Juara Cakung dan Cideng yang tergolong Anak Jalanan, aktifitas mereka setelah pulang sekolah masih suka mengamen di jalan untuk menambah uang saku. Rumah Zakat menargetkan mendapatkan tambahan 150 Anjal di pekan kedua Oktober 2011, agar proyek ini bisa berjalan. Anak Jalanan akan mendapatkan tambahan beberapa kegiatan dari Rumah Zakat seperti Bimbingan Belajar, Pusat Pengembangan Potensi Anak (P3A), Perilaku Hidup Bersih dan Sehat maupun kegiatan positif lainnya.***

Newsroom
/Ernawati

Jakarta

Tags :
Konfirmasi Donasi