KENAPA KITA HARUS BERQURBAN?

Kenapa Kita Harus Berqurban?
Karena banyak kebaikan yang bisa kita raih dalam berqurban.

“Dari setiap rambut pada bulu-bulunya terdapat suatu kebaikan”. (H.R Ibnu Majah, Ahmad, Tirmidzi). Bukan hanya dagingnya, setiap tetes darah dan bulu dari hewan qurban adalah saksi untukmu di akhirat kelak.

Sahabat, moment yang hanya datang satu tahun sekali ini tidak boleh kita sia-siakan, kita harus memaksimalkannya dengan terus berikhtiar agar bisa menunaikan qurban. Inilah kebaikan dari menunaikan ibadah qurban :

1 Berbagi dengan mereka yang memiliki keterbatasan yang tidak bisa makan daging.
Banyak sebagian orang yang belum bisa makan daging. Saat harga daging sedang meninggi, rakyat kecil semakin tidak dapat menikmati mewahnya makan daging. Namun karena kedermawanan dari orang-orang yang berqurban, banyak orang yang terbantu untuk memenuhi gizi keluarga serta buah hati mereka.

2. Melatih untuk mandiri secara financial
Sejak kecil di sekolah (utamanya sekolah-sekolah di Indonesia) kita selalu berqurban dengan “bantuan” orang tua, atau dengan kata lain kita belum memakai uang kita sendiri untuk berqurban. Seiring berjalannya waktu, kita memiliki pendapatan sendiri hingga akhirnya mampu membeli hewan qurban kita sendiri. Sehingga banyak yang menjadikan kemampuan berqurban secara mandiri adalah indikator tercapainya kemandirian finansial.

3. Mendahulukan ibadah qurban untuk raih keberkahan
Walau hidup sehari-hari dalam kesederhanaan, yang penting bisa ibadah qurban. Ibadah adalah kebutuhan mutlak untuk dijalankan oleh semua orang tidak peduli kaya ataupun miskin. Karenanya, semiskin apapun seorang muslim, menunaikkan haji dan berqurban adalah sebuah cita-cita mulia yang harus dicapai, tidak peduli seminimal apapun pendapatan, jika tidak mampu menjalankannya dengan pendapatan yang minim saat ini, mereka rela menabung selama bertahun-tahun menyisihkan sedikit demi sedikit pendapatan untuk menjalankan qurban di masa depan.

Yuk persiapkan ibadah qurban tahun ini, dan kita raih kebaikannya dengan ridha Allah SWT.

Tags :
Konfirmasi Donasi