KESERUAN INDONESIA MENDONGENG #2 BERSAMA RZ

RZ LDKO CilegonMAKASSAR. Pendekatan pendidikan dengan konsep Bermain, Cerita dan Menyanyi di TPA dan TPQ adalah metode yang tepat sebagai daya pikat yang didasarkan pada fithrah psikologi anak dengan pola pendekatan “Happy Learning” (keceriaan) sangat diperlukan dalam menunjang keberhasilan pendidikan dan pengajaran di TPQ.

Anak memang suka bermain, karena dunia anak-anak adalah bermain. Oleh karena itu, penanaman nilai-nilai kehidupan akan mudah dirasakan dan meresap dalam diri mereka baik ingatan maupun perasaan. Selain itu, metode ini juga dapat membuat daya tarik dan menghilangkan rasa jenuh.

Begitu pula dengan bercerita. Saat para pendongeng bercerita atau mendongeng, anak-anak akan dengan seksama memperhatikannya. Metode ini sangat efektif diterapkan pada anak. Mendongeng umumnya lebih berkesan daripada nasihat murni, sehingga pada kebanyakan hal, cerita yang kita dengar di masa anak-anak dulu masih bisa kita ingat sampai dalam jangka waktu yang lama.

Melalui mendongeng, anak-anak diajarkan untuk mengambil hikmah tanpa merasa digurui. Berawal dari hal tersebut, Rumah Zakat (RZ) akan kembali mengadakan dengan yang lebih besar dengan kegiatan Silaturrahim Akbar Santri TPA/TPQ es-Nusantara dalam tajuk “Indonesia Mendongeng #2” dengan tema ”Mencetak Generasi Qur’ani dengan Mengaji”.

Kegiatan Indonesia Mendongeng #2 ini merupakan agenda tahunan Taman Pendidikan Al-Quran yang diadakan di Indonesia. Semoga acara ini mampu meningkatkan tali persaudaraan antara para santriwan beserta ustadz dan ustadzah TPA/TPQ di Indonesia.

Untuk wilayah Makassar sendiri, kegiatan Indonesia Mendongeng telah dilaksanakan pada hari Kamis (25/12) di Pelataran Baruga Andi Pangeran Pettarani Universitas Hasanuddin yang diikuti oleh sekitar 50 anak yang merupakan anak binaan dari RZ Makassar.***

Newsroom/Diki Taufik
Makassar

Tags :
Konfirmasi Donasi