[:ID]KEUTAMAAN BERZAKAT DI BULAN SYA’BAN[:]

[:ID]BANDUNG, Rumah Zakat – Zakat adalah salah satu kewajiban yang hars dipenuhi oleh umat Muslim. Karena perintah zakat sudah tertulis dalam Al Qur’an, sehingga tidak ada lagi alasan bagi Muslim untuk tidak menunaikan zakat. Zakat itu sendiri tidak sekedar memberikan kepada golongan tertentu, lebih dari itu dengan berzakat seorang muslim sudah menjalankan salah satu dari rukun Islam.

Saat memasuki bulan Sya’ban, artinya sahabat akan segera bertemu dengan bulan Ramadhan. Di bulan Sya’ban ini, kita bisa melakukan persiapan untuk meningkatkan amalan terbaik dan siap menghadapi Ramadhan.

Namun, tahukah sahabat ternyata di bulan Sya’ban ini terdapat banyak keutamaannya. Salah satunya adalah menunaikan zakat dibulan Sya’ban.
.
“Tidak ada zakat pada harta sampai harta itu berlalu setahun lamanya” (HR. Ibnu Majah)

Zakat harta atau zakat mal adalah zakat yang dikeluarkan setiap tahun, sehingga apabila harta kita sudah mencapai nishab, maka kita bisa rutin mengeluarkan zakat tepat di bulan Sya’ban setiap tahun.

Diriwayatkan bahwa sebagian salaf mengeluarkan zakat harta mereka di bulan Sya’ban dengan tujuan agar kaum miskin yang kurang mampu bisa menjalani ibadah puasa di bulan Ramadhan.” [Fathul Baari 13/311]

Pada bulan Ramadhan tentunya kita berharap bisa menjalankan ibadah sebaik-baiknya, dan bisa menebarkan kebaikan sebanyak-banyaknya. Salah satunya bisa dengan menunaikan zakat di bulan Sya’ban.

Niatkan tujuan utamanya agar bisa membantu orang yang berkekurangan bisa menjalani ibadah puasa di bulan Ramadhan tanpa harus terlalu pusing atau merasa susah dengan mencari makanan di bulan Ramadhan.

Semoga bermanfaat…

 [:]

Tags :
Konfirmasi Donasi
id_IDBahasa Indonesia
en_USEnglish id_IDBahasa Indonesia