KHASIAT DI BALIK KULIT BUAH-BUAHAN

semangka-rumah zakatKebanyakan orang mengkonsumsi buah dengan hanya memakan daging buahnya saja, kulit buah akan disingkirkan karena dianggap tidak berguna. Padahal ada beberapa buah yang kulitnya sangat baik untuk kesehatan tubuh. Beberapa buah tersebut antara lain:

1. Kulit Semangka

Mungkin Anda bertanya-tanya, apa manfaat yang bisa didapatkan dari kulit buah semangka? Pada kenyataannya, kulit dari buah semangka sebenarnya memiliki manfaat yang lebih daripada buah semangka itu sendiri. Anda dapat mengatasi rasa haus dengan mengkonsumsi buah semangka, musim panas Anda akan menjadi sejuk dengan hadirnya buah semangka. Namun, jangan hanya mengkonsumsi buahnya saja dan menyia-nyiakan kulitnya. Karena, kulit semangka ini ternyata mampu membantu Anda mengurangi tekanan darah tinggi.

Selain itu, kulit semangka dapat membuat kulit menjadi bersih karena mampu menghilangkan kotoran-kotoran yang menempel di kulit Anda dan membuat kulit semakin halus, sehingga kulit semangka tersebut baik digunakan untuk membersihkan wajah. Setelah membersihkan kulit menggunakan kulit semangka, maka Anda akan merasakan sensasi kesegaran yang luar biasa.

2. Kulit Pisang

Setelah menikmati buahnya, kulit pisang akan berakhir begitu saja di tempat sampah. Dianggap tidak memiliki manfaat sama sekali. Padahal kulit pisang ini banyak digunakan dalam Pengobatan Tradisional Tiongkok untuk dijadikan obat gatal kuit yang disebabkan oleh peradangan bakteri. Maka dari itu, kulit pisang ini bisa dikatakan sangat ampuh dalam hal melawan bakteri. Selain itu, kulit pisang dapat digunakan untuk menggosok tangan dan kaki karena dipercaya dapat mencegah bahkan mengobati gigitan hawa dingin.

3. Kulit Pir

Kulit pir banyak direkomendasikan sebagai makanan terbaik untuk paru-paru. Caranya yaitu, ambil 30 gram kulit buah pir kemudian rebus setidaknya setengah jam atau lebih. Setelah itu minum air rebusan tersebut selagi masih hangat. Air rebusan tersebut sangat baik untuk menghilangkan dahak dan mengobati batuk. Namun, kulit pir ini tidak hanya bermanfaat untuk tubuh bagian dalam, kulit pir juga dapat digunakan untuk penyakit luar seperti pembengkakan atau peradangan, dan juga dapat meghilangkan rasa sakit. Cara penggunaannya yaitu tumbuk kulit pir sampai halus, kemudian usapkan pada kulit.

4. Kulit Jeruk Bali

Kulit buah ini banyak dibuat menjadi mainan, tetapi selain itu kulit jeruk bali memiliki manfaat kesehatan yang sangat baik. Kulit buah ini bermanfaat untuk mengusir dahak dan batuk, serta dapat mengobati asma dan menyeimbangkan energi. Caranya yaitu iris-iris kulit jeruk bali lalu campurkan dengan gula, madu, cokelat, kemudian kukus selama 30 menit. Setelah selesai dikukus, campurkan dengan anggur kuning hangat. Lalu konsumsilah sebanyak satu sendok makan di pagi hari dan malam hari.

5. Kulit Apel

Secara tradisional, kulit apel dikenal efektif untuk menghilangkan dahak. Cara mengolahnya adalah dengan mengambil 30 gram kulit apel segar, lalu campurkan dengan air, kemudian diminum. Cara yang kedua adalah keringkan kulit apel lalu haluskan sampai menjadi bubuk, ambil sebanyak 15 gram kemudian diseduh. Minumlah sebanyak 2 sampai 3 kali sehari sebelum makan.

6. Kulit Mentimun

Jika Anda gemar memakan mentimun, jangan lupa untuk ikut memakan kulitnya. Kulit mentimun ini dapat melawan bakteri dan merangsang sel darah putih karena di dalam kulit mentimun terdapat kandungan asam yang sangat baik bagi tubuh Anda. Kulit mentimun dapat digunakan untuk membantu mengurangi sakit tenggorokan dan dapat menyembuhkan tenggorokan bengkak.

Sumber : http://kesehatan.segiempat.com

Foto        : http://kesehatan.segiempat.com

 

Tags :
Konfirmasi Donasi