KITABISA.COM SUPPORT PROGRAM KEMANDIRIAN DHUAFA RZ

kitabisa-com-support-program-kemandirian-dhuafa-rzKEDIRI. Dalam upaya membentuk seseorang menuju kemandirian ekonomi maka RZ merancang program pemberdayaan. Program pemberdayaan ekonomi ini berbasis usaha kecil dan mikro binaan RZ, dalam bentuk pengadaan modal dan/atau infrastruktur serta sarana penunjang aktivitas usaha yang telah dimilikinya. Meningkatkan kapasitas dan kompetensi penerima manfaat dalam melakukan aktivitas ekonomi usahanya. Tujuannya yaitu meningkatkan income/pendapapatan dan kualitas hasil produksi penerima manfaat. Melalui pendampingan berkala harapannya program ini dapat membentuk individu yang mampu meningkatkan kualitas ekonomi kehidupannya, melalui usaha yang produktif dan berkelanjutan.

Salah satu program pemberdayaan yang digulirkan melalui web kitabisa.com yaitu program kemandirian dhuafa. Program ini diperuntukkan bagi 3 orang penerima manfaat dengan memberikan support berupa modal usaha, sarana usaha dan pendampingan secara berkala selama 6 bulan. Tentunya penerima manfaat yang terpilih sudah memiliki usaha dengan potensi usaha yang bagus, namun memiliki keterbatasan biaya atau sarana untuk mengembangkan usahanya. Penerima manfaat tersebut yaitu Ibu Siti Umi Kulsum dengan usaha makanan krecek dan kerupuk, Ibu Desi Ernawati dengan usaha coklat kurma, kue basah dan catering anak, serta Bapak Canturies yang membuka usaha KFC (Karomah Fried Chicken).

Program pemberdayaan kepada member ini diawali dengan pemberian modal usaha yang diberikan pada pekan pertama Oktober 2016 lalu. “Kemudian kita lakukan pendampingan secara berkala setiap pekannya. Adapun pendampingan yang dilakukan yaitu diskusi terkait kendala yang dihadapi dan solusinya, serta rencana perkembangan usaha yang dijalani, tidak lupa pula fasilitator RZ memberikan pengarahan terkait pencatatan dan pembukuan untuk usaha yang mereka jalani agar terekap dengan baik dan dapat memudahkan mereka melihat perkembangan omzet dan laba yang dihasilkan.” jelas Nur Shyfa, Project Monev RZ.

Dengan adanya program kmandirian dhuafa ini harapannya dapat memunculkan orang-orang yang semula sebagai penerima manfaat menjadi pemberi manfaat untuk orang lain.

 
Newsroom/Nur Shyfa
Kediri

Tags :
Konfirmasi Donasi