KLINIK RBG RZ PEKANBARU AJAK MASYARAKAT BERBAGI MELALUI “SEDEKAH SAMPAH”

KLINIK RBG RZ PEKANBARU AJAK MASYARAKAT BERBAGI MELALUI SEDEKAH SAMPAHPEKANBARU. (08/08) Sampah masih menjadi masalah utama di Kota Pekanbaru, apalagi produksi sampah yang kini mencapai 350 ton per hari sehingga pengelolaan sampah perlu dilakukan secara komprehensif dan terpadu.
Wali Kota Pekanbaru, Firdaus MT menuturkan bahwa Pekanbaru kesulitan dalam mengangkut sampah tiap hari ke tempat penampungan sampah hingga menumpuk selama dua hari pada tiap lokasi penampungan sampah pada rumah-rumah masyarakat.

Klinik RBG RZ Pekanbaru memiliki salah satu program pemberdayaan masyarakat dalam bentuk “Sedekah Sampah”. Klinik yang dikelola bersama Cita Sehat Foundation (CSF) ini merupakan salah satu klinik yang memberikan layanan gratis kepada masyarakat miskin.

Program “Sedekah Sampah” yang sudah berjalan di salah satu wilayah binaan, Pulau Karam, merupakan salah satu upaya untuk mengajak masyarakat dalam menjaga lingkungannya tetap bersih dan sehat. Masyarakat diberi penyuluhan tentang cara memilah sampah rumah tangga dan sampah yang masih dapat di daur ulang kembali. Program “Sedekah Sampah” ini dilaksanakan dengan memberdayakan masyarakat setempat dan telah berjalan hingga kurun waktu 1 tahun ini.

Pada bulan Agustus ini klinik RBG RZ Pekanbaru memulai program “Sedekah Sampah” yang terpusat di klinik. Program ini mendapatkan sambutan penuh antusias dari para member Klinik RBG RZ yang 92% berasal dari masyarakat miskin. Selain member RZ, program ini juga diikuti oleh pasien umum klinik dan masyarakat Pekanbaru secara umum dengan jumlah peserta sekitar 30 orang.

Program “Sedekah Sampah” ini sangat sederhana. Peserta program ini cukup datang langsung ke klinik RBG RZ yang beralamat di Jl. Nenas No. 11 Kecamatan Sukajadi Kota Pekanbaru dengan membawa sampah yang telah dipilah. Sampah yang bisa disedekahkan berupa plastik bekas (kemasan mie, minyak goreng, botol/gelas minuman), kertas (buku/koran/kertas bekas, kemasan makanan/minuman dr kertas), logam (kaleng minuman, panci bekas, besi, dan lain-lain).
Sampah plastik atau kemasan yang disedekahkan tidak boleh robek ke bawah, jadi harus dibuka mendatar di bagian atas. Sampah yang disedekahkan juga harus dalam kondisi kering. Untuk sedekah sampah dalam jumlah banyak (komunitas), lingkup satu RT misalnya, sampah bisa dijemput dengan menghubungi Ketua Tim Sedekah Sampah, Fitiani Mulyana.

Sampah yang telah terkumpul kemudian dipilah untuk selanjutnya dijual ke pengepul. Hasil penjualan sampah ini mencapai Rp 300.000 tiap bulannya. Hasil penjualan sampah ini disedekahkan ke Klinik RBG RZ yang nantinya akan dimanfaatkan untuk biaya kegiatan-kegiatan di klinik.

“Saya sudah lama menjadi member klinik RBG RZ ini dan banyak menerima layanan secara gratis. Alhamdulillah… Saya sekarang bisa ikut menyumbang di program klinik ini walaupun hanya dengan plastik bekas.” ujar Novi (40) salah satu member Klinik RBG RZ Pekanbaru.

“Program ini selain bertujuan untuk mengurangi sampah daur ulang yang biasanya dibuang langsung oleh masyarakat, juga untuk menumbuhkan jiwa berbagi kepada para mustahiq (masyarakat miskin) sekalipun melalui sampah atau barang bekas.”, ujar Emi Susanti, Manajer Klinik RBG RZ Pekanbaru. Emi juga berharap agar nantinya seluruh masyarakat Pekanbaru dapat bergabung dalam program “Sedekah Sampah” ini.

Newsroom/Emi Susanti
Pekanbaru)

Tags :
Konfirmasi Donasi