KLINIK SEHAT JICT LAYANI 9.367 WARGA JAKARTA UTARA

JAKARTA. Rumah Zakat bekerjasama dengan PT Jakarta International Container Terminal (PT JICT) mendirikan Klinik Sehat JICT sejak 5 Januari 2010. Pembangunan klinik ini adalah salah satu kepedulian PT JICT terhadap kesehatan warga Koja, Jakarta Utara yang tidak mampu dan Tenaga Kerja Buruh Bongkar Muat (TKBM) PT JICT. Oleh sebab itu, dana Corporate Responsibility Society (CSR) PT JICT disalurkan melalui Rumah Zakat untuk membangun klinik. Sampai saat ini klinik Sehat JICT telah memberikan pelayanan kepada 9.367 warga Jakarta Utara.

Klinik Sehat JICT yang berlokasi di Jalan Cipeucang IV No.2A, Kelurahan Koja, Kecamatan Koja, Jakarta Utara ini dilaunching sejak 8 Mei 2010. Sejak beroperasi 4 Juni 2010, Klinik Sehat JICT memberikan pelayanan kesehatan umum dan gigi, pemeriksaan kehamilan, pelayanan bersalin gratis, dan ambulans gratis. Pemberian pelayanan kesehatan ini dilaksanakan bertahap. Pelayanan kesehatan umum dimulai sejak pertama klinik ini beroperasai, dilanjutkan dengan pelayanan kesehatan gigi yang dimulai sejak 28 Juli 2010. Layanan kebidanan dan bersalin gratis dimulai sejak 12 Juni 2010 dan layanan ambulancs gratis dimulai sejak 9 Mei 2010.

Dalam memberikan pelayanan di Klinik Sehat JICT, Rumah Zakat melibatkan 3 dokter umum, 1 dokter gigi, 2 perawat, 3 bidan, 1 driver, 1 surveyor, 1 house hold, 1 general admin, 2 security, 1 asisten apoteker, 1 FO-RM dan 1 kepala klinik. Hingga Desember 2010, Klinik Sehat JICT sudah melayani sebanyak 7.135 pasien layanan kesehatan umum, 607 pasien layanan gigi, 1.575 pasien layanan kebidanan, 50 persalinan normal dan 448 penerima manfaat pengantaran ambulance untuk jenazah dan pasien, pemeriksaan USG dan gigi gratis. Pelayanan kesehatan ini diberikan kepadan 750 keluarga yang berada di sekitar Kelurahan Koja.

“Klinik Sehat JICT mampu memberikan informasi seputar kehamilan yang membuat saya puas atas pertanyaan tentang kehamilan serta mampu memberikan pengobatan yang berkualitas untuk saya dan calon anak saya,” ujar Een Nurhasanah (23), seorang ibu rumah tangga yang mendapatkan pemeriksaan kehamilan. Ia mendapatkan pemeriksaan kehamilan setiap bulan. Iis Ismawati (31) yang bersalin di Klinik Sehat JICT mengungkap, “terima kasih atas pelayanan yang sangat memuaskan dan tak kenal waktu dalam menjalankan tugas. Semoga klinik sehat JICT terus beroperasi untuk membantu kepentingan orang banyak”.

Selain kegiatan reguler, Klinik Sehat JICT juga melaksanakan Siaga Sehat bersama Mobil Klinik Sehat JICT. Kegiatan ini dilaksanakan bekerjasama dengan Posyandu setempat. Rusmiana Siahaan, ketua Posyandu RW 2, Kelurahan Tugu berujar, “Kami mengucapkan syukur terima kasih atas kedatangan rombongan dari Klinik Sehat JICT. Saya sebagai ketua Posyandu Tugu Permai sangat senang karena ada dokter gigi yang menjelaskan bahwa merawat gigi ternyata sudah harus dilakukan sejak bayi dalam rahim ibunya, sampai gigi tetap dan samapai dewasa. Semoga kami semua warga RW.02 Kel. Tugu Permai Kec. Koja dapat memahami dan melakukannya, semoga amal ibadah drg. Nuniek beserta rombongan dibalas oleh Tuhan YME”. Kegiatan insidental lainnya adalah ambulans gratis. Warga yang membutuhkan pelayanan ambulans dapat menelpon Klinik Sehat JICT kapan pun. “Saya sangat banyak terima kasih atas bantuannya. Mudah-mudahan JICT dan Rumah Zakat lebih memperhatikan orang-orang yang tidak mampu, tolong dibantu. Mudah-mudahan bisa memberikan bantuan yang lebih,” ujar Darno (26), penerima manfaat pengantaran ambulans gratis. Setelah melaksanakan amanah selama setahun, Asghaf, Relationship Manager Rumah Zakat Jakarta Barat berujar, “Semoga kerja sama ini dapat memberikan manfaat yang lebih banyak kepada warga Kelurahan Koja dan sekitarnya untuk tahun ini”.***
Newsroom/Eni Kurniasih
Jakarta

Tags :
Konfirmasi Donasi